Olimpiade Tokyo 2020: Rahmat Erwin Abdullah Dinanti Sederet Bonus

Deden Gunawan - Sport
Jumat, 30 Jul 2021 12:20 WIB
Jakarta -

Sederet bonus kini menanti Rahmat Erwin Abdullah, lifter Indonesia peraih medali perunggu cabang olahraga Angkat Besi di Olimpiade Tokyo 2020. Apa saja hadiah yang akan didapat Rahmat?

Dia mengaku baru mengetahui ada pihak-pihak tertentu yang menjanjikan hadiah khusus baginya dari postingan di media sosial. Rahmat antara lain menyebut Bank Sulselbar dan Pemprov Sulawesi Selatan.

"Dari Bank Sulselbar akan kasih rumah dan motor, terus dari daerah (Pemprov) dapat Rp 300 juta," ungkap Rahmat dalam program Blak-blakan yang tayang di detik.com, Jumat (30/7/2021).

Selain itu, Menpora Zainudin Amali telah menyiapkan bonus dan status ASN bagi atlet peraih medali. Bahkan Menkominfo Johnny G Plate menjanjikan akan memberikan bonus dari kocek pribadinya.

Menurut sang ayah, Erwin Abdullah, tim akan kembali ke Indonesia pada 4 Agustus dari Olimpiade Tokyo 2020. Meski sudah tidak bertanding, para atlet yang sudah selesai berlaga tetap berlatih rutin, selain memberikan dukungan kepada sesama atlet yang masih harus berjuang.

Turun di kelas 73 kg, total angkatan Rahmat Erwin Abdullah mencapai 342 kg. Rahmat masing-masing mengangkat 152 kg di angkatan snatch, dan 190 kg untuk clean & jerk. Dia kalah dari Shi Zhiyong, asal China, menjadi peraih emas dengan catatan total angkatan 364 kg.

Sementara Julio Ruben Mayora Pernia, atlet Venezuela, meraih perak dengan total angkatan 346 kg. Meski diganjar perunggu, dia mengaku capaian tersebut masih sedikit di bawah target. "Seharusnya saya masih bisa mengangkat beban 195-199 kilogram," kata Rahmat.

Pemuda kelahiran Makassar, 13 Oktober 2000 ini sebenarnya cuma dipatok masuk 8 besar oleh Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia. Dia sendiri masuk delegasi Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengumpulkan sederet poin sejak 2018. "Dimulai sejak Asian Games 2018. Saya dapat emas," ujarnya.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, Rahmat Erwin Abdullah meraih emas untuk Indonesia di kelas 73 kg. Sebelumnya, saat tampil di Asian Junior Championship 2019 di Pyongyang, Korea Utara dia juga berhasil meraih emas di kelas 73 kg.

(ddg/krs)