IMI Dukung Sirkuit Badak Jadi Tuan Rumah Sprint Rally Open Championship

Inkana Izatifiqa R Putri - Sport
Jumat, 30 Jul 2021 23:30 WIB
Kerja Sama IMI dan Jababeka
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menandatangi perjanjian kerja sama bersama Direktur Utama PT Banten West Java Tourism Development Poernomo Siswoprasetijo. Adapun penandatangan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan sport tourism dan kegitan otomotif di Sirkuit Badak, KEK Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.

Perjanjian tersebut berlaku selama 4 tahun, namun dapat diperpanjang dan diajukan paling lambat 3 bulan sebelum masa perjanjian berakhir. Lewat kerja sama ini, Bamsoet mengatakan pihak Banten West Java Tourism Development juga akan memberikan diskon dan paket khusus untuk IMI.

"Melalui kerja sama ini, dalam setiap penyelenggaraan kegiatan otomotif di Sirkuit Badak, PT Banten West Java Tourism Development memberikan diskon dan paket khusus untuk akomodasi dan makanan kepada IMI," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (30/7/2021).

"Antara lain diskon khusus bagi peserta dan panitia untuk kamar dan breakfast. Untuk Kejuaran Nasional, panitia IMI Pusat mendapatkan sejumlah kamar secara gratis dan untuk Kejuaraan Daerah, Panitia IMI Provinsi mendapatkan beberapa kamar secara free," imbuhnya.

Lebih lanjut Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan Banten West Java Tourism Development dan IMI juga sepakat menunjuk pihak ketiga pelaksana kegiatan otomotif di Sirkuit Badak. Nantinya, pihak ketiga juga akan mengatur dan mengawasi standar keselamatan baik yang bersifat olahraga maupun mobilitas di Sirkuit Badak.

"IMI mendukung Sirkuit Badak menjadi tuan rumah yang akan menyelenggarakan 3 dari total 6 balapan dalam ajang Kejuaraan Nasional Sprint Rally Open Championship 2021. Selain menyemarakan olahraga otomotif, juga untuk meningkatkan pendapatan UMKM dan berbagai sektor ekonomi masyarakat sekitar Sirkuit Badak," jelasnya.

Menurut Bamsoet, lokasi Sirkuit Badak yang berada di pinggir pantai Tanjung Lesung membuat sirkuit ini menjadi salah satu sirkuit offroad terbaik di Indonesia. Pasalnya, Sirkuit Badak didukung bentangan alam yang indah dan memiliki trek sekitar 5 km dengan karakter gravel dan hanya sedikit area yang bermedan tarmac. Kondisi tersebut, dikatakan Bamsoet, akan memberi sensasi kepada para pereli saat balapan.

"Selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan untuk rally cross, speed offroad, motor cross, drag, drift, carting, hingga safety driving course. Menjadikannya sebagai salah satu sport automotive tourism unggulan Indonesia, khususnya untuk kejuaraan otomotif dengan medan tanah. Semakin banyak kejuaraan yang diselenggarakan, semakin banyak pemasukan ekonomi bagi masyarakat dan PAD Banten," ungkapnya.

Ketua Umum PB KODRAT ini pun menambahkan keberadaan Sirkuit Badak juga membuat Banten sebagai sebagai salah satu provinsi yang memiliki kawasan automotive sport tourism.

Bahkan, kawasan yang dikembangkan Jababeka melalui PT Banten West Java Tourism Development ini juga bisa menjadi motor sport city. Salah satunya melalui dengan melengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti paddock, motor sport research and development workshop, hotel, hingga pusat industri modifikasi otomotif.

"Sebagai salah satu daerah yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai destinasi wisata unggulan dalam 10 Bali Baru, pengembangan Tanjung Lesung mendapatkan banyak prioritas dari pemerintah. Antara lain, Kementerian PUPR terus mengebut penyelesaian progres tol Serang-Panimbang yang sudah 84 persen. Ditargetkan tahun ini sudah selesai," pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut turut hadir perwakilan dari PT Banten West Java antara lain Komisaris Setiawan Mardjuki dan Basuri Tjahja Purnama, Direksi Danar Wijanarko serta Legal Jayanti Minarosa Pardede.

Sementara dari pengurus IMI Pusat hadir Dewan Pembina Tinton Soeprato, Dewan Pengawas Brigjen (Pol) Syamsul Bahri, Direktur Keanggotaan Nasrul Fuad, Deputy Olahraga Mobil Lola Moenek, Komisi Sosial Aroem Alzier, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis dan Erwin MP, Advokasi dan Hukum Rudy Kabunang, serta Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho. Turut hadir pula Ketua IMI Provinsi DKI Jakarta Anondo Eko dan Ketua IMI Provinsi Banten T.B Roy Fachroji.

(ncm/ega)