Nurul Akmal dan Ginting Juga Main Hari Ini, RI Masih Peluang Tambah Medali

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 02 Agu 2021 17:10 WIB
Anthony Sinisuka Ginting gagal ke final bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Anthony dipaksa mengakui keunggulan Chen Long dua gim langsung 16-21, 11-21.
Pebulutangkis Anthony Ginting dan lifter putri Nurul Akmal berpotensi menambah medali Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, pada hari ini. (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta -

Perolehan medali Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 berpeluang bertambah hari ini. Lifter Nurul Akmal dan pebulutangkis Anthony Ginting akan tampil malam ini.

Nurul Akmal akan turun di cabang olahraga angkat besi nomor +87 kg. Lifter putri asal Banda Aceh tersebut dijadwalkan memulai kiprahnya di Grup A pada pertandingan di Tokyo International Forum, Senin (2/8/2021) pukul 19.50 waktu setempat atau 17.50 WIB.

Nurul Akmal, yang berusia 28 tahun itu akan melawan sembilan rivalnya dari berbagai negara di fase grup antara lain, lifter favorit juara Li Wenwen (China).

Sementara itu, Anthony Ginting menghadapi pertandingan penting menghadapi pebulutangkis kejutan, yaitu Kevin Cordon asal Guatemala. Kedua pebulutangkis akan berebut medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza pada pukul 20.00 waktu lokal atau 18.00 WIB.

Perebutan 'juara ketiga' ini didapatkan Anthony setelah dikalahkan pebulutangkis China Chen Long 16-21, 11-21 di semifinal, kemarin (1/8). Sementara Kevin Cordon menyerah di tangan jagoan Denmark Viktor Axelsen juga dua gim langsung 18-21, 11-21.

Duel antara Anthony Ginting melawan Cordon menandai pertemuan pertama kedua pebulutangkis. Tak sekadar perunggu, Anthony Ginting ditunggu sebuah torehan, yaitu sebagai tunggal putra pertama Indonesia yang memenangi medali Olimpiade sejak Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro masing-masing memenangi medali emas dan perunggu di Athena 2004.

"Medali perunggu akan sangat berarti bagi saya. Ini adalah Olimpiade pertama saya dan saya sudah berusaha sangat keras untuk sampai ke tahap ini. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan jadi saya tidak ingin melewatkan kesempatan ini," kata pebulutangkis asal Jawa Barat ini jelang melawan Cordon.

"Sekarang saya akan recovery dulu untuk persiapan besok (perebutan medali perunggu). Harus tetap fokus karena Cordon adalah pemain yang sangat berpengalaman dan ia juga main luar biasa di Olimpiade ini," ujar Anthony Ginting.



Simak Video "Warganet Murka, Atlet Nurul Akmal Disambut dengan Seruan Body Shaming"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/aff)