Peselancar RI Rio Waida Melaju ke 32 Besar Corona Open Mexico 2021

Mercy Raya - Sport
Rabu, 11 Agu 2021 20:33 WIB
BARRA DE LA CRUZ, OAXACA, MEXICO - AUGUST 10: Rio Waida of Indonesia surfing in Heat 3 of the Seeding Round of the Corona Open Mexico presented by Quiksilver on August 10, 2021 Barra de la Cruz, Oaxaca, Mexico. (Photo by Thiago Diz/World Surf League)
Rio Waida ke babak 32 besar Corona Open Meksiko 2021. (Foto: World Surf League via Getty Imag/Thiago Diz)
Jakarta -

Peselancar Indonesia Rio Waida melaju ke babak 32 besar Corona Open Meksiko 2021. Tiket itu ia kantongi setelah Rio menempati peringkat kedua.

Dalam perlombaan yang berlangsung di Barra De La Cruz di Oaxaca, Meksiko, Selasa (10/8/2021) malam WIB, Rio menempati posisi kedua dalam heat putaran pertama untuk maju ke putaran ketiga.

Rio mengumpulkan 9.70 total poin keseluruhan, di bawa peselancar Australia Morgan Cibilic yang mendapat 10.00 poin. Dua ombak yang membawa Rio di posisi kedua dalam heatnya masing masing diberi poin 4.67 dan 5.03 yang mana dalam keseluruhan hanya berbeda 0,30 poin dari Morgan Cibilic yang menduduki posisi pertama.

Sedangkan Deivid Silva asal Brasil harus puas berada di peringkat ketiga dengan perolehan total poin 8.27.

Dengan hasil peringkat kedua ini, Rio tidak akan mengikuti putaran kedua babak eliminasi dan langsung masuk ke babak 32 besar. Saat ini, Olimpian Tokyo 2020 ini masih menunggu calon lawan di babak berikutnya yang menggunakan sistem man-on-man.

Turnamen Corona Open Mexico 2021 ini merupakan seri ketujuh dari delapan yang dijadwalkan World Surf League 2021. Nantinya, lima terbaik putra dan putri akan melaju ke WSL di California, Amerika Serikat, mendatang. Kemudian 20 top putra dan 9 putri di ranking WSL secara otomatis langsung masuk kualifikasi musim depan.

Sebelumnya, Rio merupakan peselancar yang difavoritkan fans menang dalam heat putaran pertama. Ia mendapatkan total 93 persen suara, mengalahkan Cibilic yang hanya mendapatkan 5 persen, serta Silva sebanyak 2 persen.

Sementara itu, pelatih Rio Waida, Tipi Jabrik mengaku bangga dengan perolehan dan perkembangan atletnya.

"Saya sangat senang melihat upaya kami membuahkan hasil dengan partisipasi Rio di Olimpiade baru-baru ini dan sekarang melihatnya bisa mendapatkan kesempatan untuk bersaing dalam seri tur kejuaraan WSL (World Surf League) ini," kata Tipi Jabrik dalam rilis yang diterima detikSport.

Sebelum tampil di Corona Open Mexico 2021, Rio membuat kejutan dengan lolos Olimpiade Tokyo 2020. Namun, langkah peselancar berusia 21 itu harus terhenti di 16 besar. Ia dikalahkan wakil tuan rumah, Kanoa Igarashi, dalam duel selancar. Rio hanya meraih total poin 12, Sementara total skor Igarashi 14.



Simak Video "Yamaha R15 Baru Punya Fitur Street dan Track Mode, Apa Sih Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)