Mantan Ketum Dukung PSSI Kembangkan Sport Science dengan Unesa

Jihaan Khoirunnisaa - Sport
Sabtu, 21 Agu 2021 15:52 WIB
Logo PSSI
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Mantan Ketua Umum PSSI yang kini menjabat Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung kerja sama PSSI dengan 7 perguruan tinggi atau kampus, termasuk dalam mengembangkan sport science dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Menurutnya, sudah saatnya sport science dimanfaatkan untuk mendukung prestasi sepakbola Tanah Air.

"Saya mendukung dan mengapresiasi langkah yang ditempuh PSSI untuk mengembangkan prestasi, termasuk mencari bakat-bakat muda terbaik di dunia sepakbola Indonesia melalui kerja sama dengan tujuh universitas di Indonesia. Terlebih, PSSI juga akan mengembangkan sport science bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa)," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/8/2021).

Ia menambahkan dengan sport science PSSI juga bisa mendapatkan pelatih berkualitas. "Sport science sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelatih sepakbola agar setara S1 Kepelatihan Sepakbola berlisensi AFC, termasuk peningkatan pelatih fisik, dan masih banyak lagi," jelasnya.

LaNyalla menilai kekurangan pelatih berkualitas akan menjadi kendala sehingga menghambat peningkatan kualitas pemain dan prestasi sepak bola Indonesia.

"Dari data PSSI, Indonesia hanya memiliki 7.000 pelatih untuk semua level, dari sekitar 5.000 SSB di seluruh Indonesia. Selain itu, ada sekitar 943 klub liga tiga, 24 klub liga dua dan 18 klub liga satu. Artinya, kita memang masih membutuhkan banyak pelatih berkualitas dan berlisensi minimal AFC. Inilah salah satu agar kita bisa meningkatkan standar sepak bola kita," terangnya.

Senator asal Jawa Timur itu berharap kerja sama ini akan melahirkan pesepakbola-pesepakbola berbakat yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Karena para pemilik bakat perlu ditunjang dengan lingkungan, fasilitas dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, butuh tahap implementasi yang tepat, sehingga perencanaan dari sebuah kerja sama dapat terlaksana dengan baik," tukasnya.



Simak Video "Singgung Amendemen UUD 1945, La Nyalla Ingin DPD Diperkuat"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)