Ugas: Terima Kasih, Manny Pacquiao

Kris Fathoni W - Sport
Minggu, 22 Agu 2021 15:40 WIB
Yordenis Ugas, of Cuba, celebrates his unanimous decision win over Manny Pacquiao, of the Philippines, in a welterweight championship boxing match Saturday, Aug. 21, 2021, in Las Vegas. (AP Photo/John Locher)
Foto: AP/John Locher
Jakarta -

Yordenis Ugas mengucapkan terima kasih kepada Manny Pacquiao, petinju veteran yang baru saja ia kalahkan di atas ring.

Ugas menang angka mutlak atas Pacquiao dalam partai perebutan gelar juara dunia tinju kelas welter (super) WBA, yang berlangsung 12 ronde di Las Vegas, Minggu (22/8) WIB, 116-112, 115-113, dan 116-112.

"Aku sangat antusias, tapi yang utama, aku ingin berterima kasih kepada Manny Pacquiao yang sudah memberiku momen ini di ring," kata Ugas seperti dikutip ESPN.

Yordenis Ugas, of Cuba, celebrates his unanimous decision win over Manny Pacquiao, of the Philippines, in a welterweight championship boxing match Saturday, Aug. 21, 2021, in Las Vegas. (AP Photo/John Locher)Yordenis Uga meraih kemenangan angka atas Manny Pacquiao. Foto: AP/John Locher

"Sekarang rencananya adalah unifikasi gelar kelas welter... Errol Spence adalah nama berikutnya dalam daftar... Aku berdoa ia segera pulih," tutur petinju dengan rekor tanding 27-4 (12 KO) tersebut.

Errol Spence Jr, juara bertahan jelas welter WBC dan IBF, pada awalnya juga akan menjadi lawan Manny Pacquiao di partai ini. Tapi cedera mata membuat Spence batal naik ring dan Ugas kemudian menjadi lawan pengganti.

"Kami cuma punya dua pekan untuk latihan. Tapi aku mendengarkan timku dan akhirnya itu semua berjalan dengan baik," ujar Ugas.

Partai Pacquiao vs Ugas kali ini juga jadi menarik terkait gelar juara dunia tinju kelas welter (super) WBA. Pada Juli 2019, Pacquiao meraih sabuk juara tersebut berkat kemenangan split decision atas Keith Thurman. Tapi bulan Januari lalu gelar tersebut dicabut dan diserahkan ke Yordenis Ugas lantaran Pacman lama tak aktif bertinju, terkait kesibukan sosok 42 tahun itu sebagai politikus.

Berhubungan dengan kariernya di dunia politik Filipina itu pula kelanjutan karier Manny Pacquiao di dunia tinju sudah lama jadi spekulasi. Ada dugaan bahwa ia sudah menjalani partai pamungkas, lawan Yordenis Ugas yang juga merupakan perebut gelar juaranya.

(krs/raw)