Panpel Pastikan PON Papua Tidak Ditunda

Mercy Raya - Sport
Senin, 23 Agu 2021 20:11 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya menyiapkan program penataan kawasan empat arena olahraga dalam mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.
PON Papua 2020 dipastikan bergulir sesuai jadwal. (Foto: Istimewa/Kementerian PUPR)
Jakarta -

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dipastikan berjalan sesuai jadwal. Panitia Besar (PB) PON yang menegaskan hal itu.

Pesta olahraga nasional yang berlangsung empat tahunan itu sempat dikabarkan ditunda pelaksanaannya menyusul kasus COVID-19 yang meningkat.

Padahal ajang olahraga itu akan secara resmi dibuka 2 sampai 15 Oktober mendatang, bahkan ada pertandingan yang sudah dimulai pada 21 September 2021.

"Dari siapa yang bilang itu? Ini saya banyak ditelepon, siapa yang menyebut kabar itu ya. Kita ini sedang capek-capek berjuang, kok, bikin kacau saja. Di sini tidak tahu apa-apa. Enggak ada orang Papua yang ngomong itu (ditunda atau mundur)," kata Wakil Ketua II PB PON Roi Letlora kepada detikSport, Senin (23/8/2021).

Roi menegaskan PON tidak bisa ditunda karena hampir seluruh peralatan yang dibutuhkan untuk pertandingan sudah berada di Papua. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga berencana untuk datang ke Bumi Cendrawasih guna memastikan kesiapan multiajang olahraga tersebut dalam waktu dekat.

"Tidak bisa ditunda lagi. Ini barang-barang dari Jakarta dan luar negeri sudah datang. Seperti peralatan pertandingan, peralatan latihan. Presiden akan ke sini Kamis depan untuk memastikan kesiapan kita. Tiga hari lagi," dia mengungkapkan.

"Selain itu, PON ini sebenarnya tinggal tiga pekan lagi lo, karena sudah ada pertandingan yang dimulai September. Pembukaan resminya saja yang 2 Oktober. Jadi kita ini sudah siap tanding saja dan peralatan sudah lengkap," ujarnya.

Kepada masyarakat, Roi pun berharap agar tetap mendukung pelaksanaan PON Papua yang berjalan sebentar lagi. "Ya, seharusnya dari sumber yang jelas. Kalau ada isu itu kami siap klariikasi cuma kami saja tidak tahu ada isu itu," dia menegaskan.

PON akan berlangsung 2-15 Oktober. Multi cabang nasional empat tahunan itu akan mempertandingkan 37 cabang olahraga. Adapun lokasi pertandingan akan berlangsung di empat klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, serta Merauke.

(mcy/cas)