Jelang Liga 1, Pemerintah Akan Uji Coba PeduliLindungi di Pertandingan

Erika Dyah - Sport
Selasa, 24 Agu 2021 23:21 WIB
Sertifikat Vaksin COVID-19 PeduliLindungi
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Aplikasi PeduliLindungi bakal diuji coba penggunaannya dalam pertandingan sepak bola Liga 1 yang akan dimulai pekan ini. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengungkap uji coba akan dilakukan pada 27-29 Agustus 2021.

Ia menambahkan uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini menjadi langkah awal bangsa Indonesia menuju tatanan kehidupan baru yang berdampingan dengan epidemi. Tentunya, uji coba ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat yang sejalan dengan kebijakan PPKM Jawa-Bali.

"Sama halnya dengan pusat perbelanjaan, mal, dan industri, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan dalam pertandingan. Selain itu, yang penting juga adalah kita akan menguji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam pertandingan tersebut," ujar Johnny dalam keterangan tertulis, Selasa (24/8/2021).

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan uji coba ini akan dilakukan maksimum pada 3 pertandingan tanpa penonton yang digelar di wilayah DKI Jakarta. Ia pun menekankan bahwa pemerintah meminta para pendukung dan penggemar sepak bola di Indonesia untuk tidak datang ke stadium. Serta berharap masyarakat dapat menghindari aktivitas nonton bareng dengan menyaksikan pertandingan kompetisi Liga 1 dari rumah saja.

Johnny berharap masyarakat dapat mengikuti anjuran pemerintah agar uji coba pertandingan sepak bola liga 1 ini berjalan lancar. Menurutnya, jika uji coba ini berhasil maka tidak menutup kemungkinan penerapan protokol kesehatan yang sama bisa dilakukan pada kompetisi olahraga lainnya.

"Hal ini merupakan salah satu langkah awal untuk hidup berdampingan dengan epidemi dan membiasakan kita untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memanfaatkan dukungan teknologi digital dari aplikasi PeduliLindungi," kata Johnny.

Sementara itu, Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Yunus Nusi mengatakan setelah terbit rekomendasi dari BNPB dan izin Kepolisian, PSSI sebagai regulator dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga akan memulai kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Ia memastikan PT LIB telah melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Liga mulai tgl 27 Agustus 2021 kick off sampai April 2022," ujar Yunus.

(mul/mpr)