Paralimpiade Tokyo: Dheva Menang Perdana di Grup A Kontra Suryo

Mercy Raya - Sport
Rabu, 01 Sep 2021 18:37 WIB
A general view shows the Paralympics symbol rings lit up at night on the Odaiba waterfront in Tokyo on August 21, 2021. (Photo by Charly TRIBALLEAU / AFP)
Logo Paralimpiade Tokyo (AFP)
Jakarta -

Dheva Anrimusthi mengamankan kemenangan perdananya di Paralimpiade Tokyo 2020. Ia mengalahkan kompatriotnya Suryo Nugroho pada babak penyisihan grup.

Dheva menantang Suryo di pertandingan pertama Grup A tunggal putra SU5 yang dihelat di Yoyogi National Stadium, Rabu (1/9/2021). Duel sesama negara ini berhasil dimenangi Dheva dalam laga dua gim langsung dengan skor identik 21-7.

Tak ada kesulitan yang berarti bagi Dheva untuk mengalahkan rekannya tersebut di gim pertama. Unggulan pertama itu langsung tancap gas sejak awal. Rekannya, Suryo hanya diberi tujuh poin dalam gim pertama. Pertandingan dengan mudah diakhiri Dheva dengan skor 21-7.

Memasuki gim kedua, Suryo yang tertinggal di gim pertama berupaya mengimbangi permainan Dheva. Ia juga sempat menyamakan skor menjadi 4-4 sebelum akhirnya kembali tertinggal 6-8.

Suryo berusaha memperkecil jarak poin namun gagal setelah pengembalian bola depannya tersangkut di net. Suryo kian tertinggal menjadi 7-16.

Sementara Dheva kian tak terbendung. Dia sukses menutup gim kedua dengan skor yang sama dengan gim pertama yaitu 21-7. Kemenangan ini sekaligus membuat Dheva berada di puncak klasemen Grup A.

Dheva akan melakukan laga kembali pada Kamis (2/9). Ia akan menghadapi pebulutangkis Prancis Loquette Meril pada pukul 15.20 waktu setempat. Sedangkan Suryo akan menghadapi Mroz Bartlomiej di waktu yang sama.

Sebelum Dheva, para badminton ganda campuran juga meraih kemenangan pertamanya lewat Hary Susanto/Leani Ratri Oktila. Mereka menang atas pasangan Jepang Fujihara Daisuke/Sugino Akiko dengan skor 21-12, 21-11.

Para badminton Indonesia menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas di Paralimpiade Tokyo yang sudah dimulai sejak 24 Agustus hingga 5 September ini. Sebelumnya, Merah Putih sudah mengantongi medali perak dan dua medali perunggu dari angkat berat, para atletik, dan para tenis meja.

(mcy/aff)