Menpora: Kita Penduduknya 297 Juta, Masa Cari Talenta Berbakat Tak Bisa?

Syahputra Eqqi - Sport
Rabu, 08 Sep 2021 19:24 WIB
Zainudin Amali
Foto: Syahrul Eqqi
Jakarta -

Kemenpora akan memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas ke-18) secara virtual dengan tema "Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju". Dalam kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, berharap pembinaan atlet di Indonesia akan lebih baik hingga banyak yang tembus Olimpiade.

Lebih lanjut, Zainudin menegaskan tujuan utama dari implementasi DBON ini selain tembus 10 besar Olimpiade, juga pembinaan atlet yang lebih baik.

"Perintah Presiden ialah review total tentang ekosistem olahraga nasional. Ini bukan hanya sekadar target, namun ini juga bagian dari proses," ucap Zainudin dalam acara tersebut, Rabu (8/9/2021).

Zainudin juga menggambarkan ekosistem olahraga nasional seperti hulu ke hilir. Artinya, atlet yang bertalenta harus dicari dan dibina sejak dini, seperti dari anak-anak yang sekolah kemudian diproses seleksi hingga kemampuan mereka meningkat.

"Kita ini penduduknya lebih dari 297 juta, masa sih mencari talenta yang berbakat kita tidak bisa? Berarti ada yang salah dari pembinaan prestasi olahraga nasional kita," ujar Zainudin

Saat ini, atlet-atlet Indonesia memiliki prestasi yang tercipta by accident. Jika terus begini, Zainudin mengatakan Indonesia tidak akan mungkin mencapai prestasi yang gemilang dan akan terus stagnan. Zainudin juga menambahkan Indonesia harus memiliki prestasi yang tertata dan terstruktur dengan baik, seperti atlet yang disiapkan semenjak dini.

Selain itu, Zainudin juga mengungkapkan bahwa Pemerintah sedang menyiapkan revisi UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN). Posisi DBON sangat penting dalam revisi ini.

"Rohnya dari SKN yang akan kita revisi ini adalah DBON, tentu UU tidak mungkin memuat secara terperinci. Perinciannya dari perintah pasal-pasal dalam UU itu, akan kami keluarkan dan sudah kami persiapkan dalam DBON. DBON menjadi rincian-rincian perintah dalam SKN," sambung Zainudin.

DBON diangkat menjadi tema Haornas tahun ini sesuai dari instruksi langsung Presiden Joko Widodo, dan juga sebagai jawaban dari Haornas tahun lalu. Hari Olahraga Nasional ke-38 akan diperingati pada tanggal 9 September 2021 besok. Mulai besok, DBON ini akan mulai diimplementasikan. Rencananya, besok Presiden Joko Widodo juga akan memberikan arahan dan melakukan peresmian dimulainya DBON, jam 10 dari gedung POPKI Kemenpora Cibubur.

(mul/mpr)