Jawa Barat Juara Umum Eksibisi Triathlon PON XX/2021

Sponsored - Sport
Jumat, 24 Sep 2021 10:01 WIB
Triathlon dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.
Foto: dok. Pemprov Jabar
Jakarta -

Cabang olahraga Triathlon resmi masuk ke dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua meskipun hanya dipertandingkan dalam bentuk eksibisi. Dapat dikatakan, gelaran PON ini menjadi momentum atlet-atlet berlisensi nasional dan internasional saling berkompetisi secara sehat untuk gelaran pertandingan yang lebih besar.

Jawa Barat termasuk salah satu kontingen yang mengikuti gelaran eksibisi Triathlon di PON XX Papua dan menjadi Juara Umum dalam cabor ini. Terdapat total 3 medali emas diraih Kontingen Jawa Barat yang disumbangkan oleh Eva Desiana dari disiplin Duathlon Putri dan 2 medali emas oleh Zahra Bulan Aprillia Putri dari disiplin Aquathlon Putri dan dan Triathlon Putri.

Diketahui, Eva yang merupakan peraih medali perunggu di SEA Games ke-30 di Filipina pada tahun 2019 ini berhasil menyentuh garis finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 11 menit 06 detik. Eva mengalahkan perwakilan Provinsi Jawa Timur, Chomairoh Bella Angriza yang mencatatkan waktu 1 jam 15 menit 31 detik dan Aztrie Ana Irma Azzahra asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan catatan waktu 1 jam 18 menit 47 detik.

Sedangkan Zahra Bulan, menjadi yang terbaik di disiplin Aquathlon dengan catatan waktu 35 menit 53 detik. Disusul oleh Dhea Meisy dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan catatan waktu 37 menit 46 detik di posisi kedua dan Anggela Patrisia Vanya dari Provinsi DI Yogyakarta (DIY) dengan catatan waktu 37 menit 48 detik.

Eva mengaku sangat senang dengan pencapaiannya di ajang PON perdana cabang olahraga Triathlon ini. Meski demikian, ia mengaku catatan waktu yang dicapainya masih belum maksimal.

"Sangat senang sudah bisa melewati semuanya dengan meraih medali emas, meski hanya cabor eksibisi. Perjuangan, kerja keras, dan pengorbanan selama masa persiapan bisa ditebus dengan hasil ini meski dari catatan waktu belum best time saya," kata Eva dalam keterangan tertulis, Jumat (24/9/2021).

Triathlon dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.Triathlon dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Foto: dok. PON XX/2021

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jawa Barat, Gunaryo mengaku sangat bersyukur dengan pencapaian para atlet Triathlon Jabar. Menurutnya, keberhasilan Jabar meraih 3 medali emas di cabang Triathlon ini merupakan buah dari kerja keras atlet, pelatih, dan official ditambah dukungan dari KONI Jabar dan Pemerintah Provinsi Jabar.

"Dua medali emas pertama pada Rabu (22/9) untuk kontingen Jabar ini semoga menjadi penyemangat bagi atlet Jabar di cabor lain untuk bisa meraih medali emas. Meski masih dalam cabor eksibisi sehingga raihan medali tidak masuk dalam perhitungan raihan medali kontingen, tapi kami pun merupakan bagian dari warga Jabar yang ingin mengharumkan nama Jabar di PON XX ini," ungkap Gunaryo.

Gunaryo berharap hasil ini bisa menjadi modal bagi FTI Jabar untuk bisa meraih prestasi lebih baik ke depan. Tidak hanya di level nasional, tapi juga di tingkat internasional.

"Kita berharap di PON XXI tahun 2024 nanti di Aceh dan Sumut, Triathlon sudah menjadi cabor resmi yang dipertandingkan. Hasil ini pun bisa lebih memotivasi para atlet untuk meningkatkan kemampuannya dan pengurus Triathlon di Jabar lebih fokus dalam membina dan mengembangkan cabang olahraga ini," jelasnya.

Manajer Triathlon PON XX Jabar, Dika Chrisna mengungkap Jabar diperkuat oleh 8 orang atlet yang terdiri dari 3 atlet putra dan 5 atlet putri. Menurutnya, 8 orang atlet ini didampingi oleh 4 orang tim official dalam gelaran PON kali ini.

Dika mengatakan sangat puas dengan pencapaian tim yang memastikan diri sebagai juara umum dengan torehan tiga medali emas. Dengan prestasi yang diraih, ia berharap tim Jabar bisa semakin meningkatkan pembinaan dan pengembangan olahraga Triathlon di Jabar.

Triathlon dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.Triathlon dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Foto: dok. PON XX/2021

"Kalau soal puas, jelas saya sangat puas dengan raihan atlet dan menjadi juara umum. Tapi kalau dari sisi target medali, sebenarnya kita berharap bisa meraih lebih banyak medali, namun salah satu atlet andalan kita justru tidak bisa main karena terkendala faktor nonteknis," terang Dika.

Lebih lanjut, Dika menyebutkan masih ada beberapa hal yang akan menjadi evaluasi di balik pencapaian tim Triathlon Jabar, mulai persiapan teknis hingga non-teknis.

"Salah satu atlet yang tidak bisa bermain karena faktor nonteknis, itu menjadi salah satu bahan evaluasi kita sehingga jangan sampai ke depan kembali terjadi. Semoga prestasi yang sudah diraih saat ini bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan," tegasnya.

Dika memaparkan hasil yang diraih atlet pada PON XX/2021 ini didapat berkat kerja sama dan dukungan dari semua pihak, mulai jajaran pengurus FTI Jabar, para pelatih, ofisial tim, KONI Jabar, Pemprov Jabar, hingga dukungan doa dari seluruh masyarakat Jabar.

"Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan motivasi yang diberikan kepada atlet. Kami persembahkan gelar juara umum ini bagi Jabar dan semoga bisa memotivasi para atlet di cabang olahraga lain yang pada hari ini sudah mulai ada yang bertanding," pungkasnya.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/PON XX/2021)