Resmi! Manny Pacquiao Pensiun dari Tinju, Siap Nyapres Tahun Depan

Adhi Prasetya - Sport
Rabu, 29 Sep 2021 14:43 WIB
In this photo provided by the Manny Pacquiao MediaComms, Senator Manny Pacquiao raises his hands during a national convention of his PDP-Laban party in Quezon city, Philippines on Sunday Sept. 19, 2021. Philippine boxing icon and senator Manny Pacquiao says he will run for president in the 2022 elections. (Manny Pacquiao MediaComms via AP)
Manny Pacquiao pensiun dari ring tinju. Foto: AP/
Jakarta -

Manny Pacquiao resmi pensiun. Legenda tinju Filipina itu memilih fokus mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina pada pemilihan umum tahun depan.

Kabar itu disampaikan Rabu (29/9/2021). PacMan, julukan Pacquiao, mengakhiri karier sensasionalnya di atas ring yang sudah berlangsung selama 26 tahun.

"Sulit bagiku menerima kenyataan bahwa waktuku sebagai petinju telah usai. Hari ini, aku mengumumkan pensiun," ujar PacMan dalam video di media sosial resminya, seperti dikutip ESPN.

Yordenis Ugas, right, of Cuba, hits Manny Pacquiao, of the Philippines, in a welterweight championship boxing match Saturday, Aug. 21, 2021, in Las Vegas. (AP Photo/John Locher)Laga terakhir PacMan melawan Yordenis Ugas (kiri) di laga terakhirnya yang berakhir kekalahan. Foto: AP/John Locher

"Wow... Aky tak pernah berpikir hari ini akan tiba. Saat aku menggantung sarung tinjuku, aku ingin berterima kasih kepada seluruh dunia, terutama rakyat Filipina yang telah mendukung Manny Pacquiao."

"Aku telah mendengar lonceng terakhir. Tapos na ang boksing (tinju sudah selesai). Maraming, maraming salamat po (terima kasih banyak)."

"Tuhan selalu baik. Aku diberi kesempatan mewakili Filipina, membawa ketenaran dan kehormatan bagi negaraku setiap kali naik ring. Aku bersyukur atas segala pencapaianku dan juga kesempatan untuk menginspirasi para penggemar," jelas PacMan.

PacMan terakhir kali naik ring pada bulan lalu, saat ia kalah angka dalam perebutan gelar kelas welter WBA Super melawan petinju Kuba, Yordenis Ugás. Secara keseluruhan, pria 42 tahun itu menutup karier dengan catatan 62 kemenangan (39 KO), 8 kekalahan, dan 2 imbang. Ia juga telah memenangi sabuk juara di delapan kelas berbeda.

Manny Pacquiao berstatus senator Filipina sejak 2016 dan pada 19 September lalu mengumumkan akan maju dalam pemilu presiden yang akan digelar pada Mei 2022.

(adp/krs)