Pasokan Listrik Aman, PLN Gerak Cepat Bantu Perbaiki Instalasi Venue Milik MSC

Tim detikcom - Sport
Selasa, 05 Okt 2021 09:40 WIB
Vanue Basket Padam
Foto saat listrik padam di venue MSC PON Papua. Foto: (Saiman/detikSport)
Mimika -

PT PLN (Persero) memastikan keandalan pasokan listrik untuk PON XX Papua Aman. PLN juga bergerak cepat membantu memperbaiki kerusakan pada panel instalasi milik Mimika Sport Center (MSC) pada Minggu (3/10) pukul 10.41 WIT. Kerusakan instalasi listrik pelanggan membuat suplai listrik dari PLN tidak dapat tersalurkan ke venue.

Saat mendapat laporan listrik padam, petugas PLN langsung melakukan pengecekan instalasi kelistrikan pada pukul 10.42 WIT. Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan MCCB panel instalasi gedung utama Basket Stadion Indoor trip sehingga sebagian venue padam. Sementara pasokan listrik dari PLN teridentifikasi tidak mengalami masalah.

Petugas PLN membantu mensupervisi teknisi gedung MSC, melakukan percepatan penggantian MCCB yg rusak dan selanjutnya dilakukan penormalan sistem instalasi gedung basket. Dengan upaya cepat petugas PLN dan teknisi gedung MSC, pada 14:00 WIT gangguan berhasil dinormalkan.

Terkait kejadian tersebut, Manager PLN UP3 Timika Martinus I. Pasensi mengimbau agar pelanggan untuk ikut menjaga instalasi listrik di bangunan milik pelanggan. Sebab dalam hal instalasi listrik di bangunan, kewenangan PLN hanya sampai kWh meter.

"Sehingga peran serta pelanggan untuk menjaga instalasi listrik menjadi tanggung jawab yang sangat vital," papar dia.

Meski demikian, PLN juga menyediakan layanan pengaduan apabila terjadi keluhan dan gangguan di sisi pelanggan. Pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan dan pengaduan kelistrikan melalui Contact Center PLN 123 dan melalui gadget dengan Aplikasi PLN Mobile.

"Aplikasi PLN Mobile sekarang sudah sangat lengkap dan mengakomodir kebutuhan pelanggan. Silahkan download aplikasi PLN Mobile agar pelanggan dapat melaporkan ke petugas terkait potensi bahaya kelistrikan dan pengaduan pelanggan lainnya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, pertandingan Basket 5x5 PON Papua di Mimika Sport Complex molor sembat terkendala lantaran listrik padam.

"Hari ini pertandingan awal antara Sulsel melawan Papua kelas putri, saya sudah melaporkan ini ke PB Pon untuk segera memperbaiki, kan malu kalau ada pejabat datang lampu masih mati-mati, " Kata Abdul Rozak ditemui di Venue Basket di MSC (Mimika Sport Complex), Minggu (3/10/2021).

(krs/cas)