PON Papua: Odekta dan Triyaningsih Tambah Perolehan Medali DKI

Femi Diah - Sport
Selasa, 05 Okt 2021 17:40 WIB
Lari jarak jauh 5.000 meter putri PON Papua.
Foto: Femi Diah/detikcom
Timika -

DKI Jakarta menambah lumbung emas dari lari jarak jauh 5.000 meter putri PON XX/2021 Papua. Salah satunya berupa medali emas dari Odekta Elvina Naibaho.

Dalam perlombaan di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Selasa (5/10/2021), Odekta mencatatkan waktu 16 menit dan 57,58 detik untuk mencapai finis. Dia mengalahkan lima kontestan lain, termasuk atlet kenyang pengalaman yang juga rekan sesama DKI, Triyaningsih.

Triyaningsih finis kedua dan berhak meraih medali perak. Triyaningsih membutuhkan waktu 17 menit dan 48,77 detik untuk menyelesaikan lintasan.

Adapun di peringkat ketiga ditempati wakil Sumatera Selatan Fitri. Fitri mencatatkan waktu 18 menit dan 6,43 detik.

Odekta cukup puas dengan hasil yang diraih. Dia menyebut sebagai pembalasan setelah gagal finis di SEA Games 2019 dia tidak bisa menyelesaikan perlombaan karena terkena heatstroke.

"Bersyukur dengan hasil ini. Ini menjadi jawaban setelah ada cobaan di SEA Games lalu. Saya berlari tanpa beban, saya berlari untuk Tuhan," ujar Odekta usai perlombaan.

Menuju PON, Odekta berlatih di Pangalengan, Jawa Barat bersama skuat pelatnas. Seperti atlet lain, dia tidak memiliki agenda kejuaraan karena pandemi virus Corona.

Setelah ini, dia berfokus tampil di nomor 10.000 meter putri dan marathon.

Sementara itu, Triyaningsih juga senang dengan hasil yang dituainya. Malah, dia sempat pesimistis untuk bisa menyelesaikan lomba.

"Bukan puas, lebih tepatnya senang dengan hasil hari ini. Selain pandemi ada sedikit kendala cedera yang hilang timbul dan di beberapa lokasi. Persiapan ke sini sangat pendek, cuma tiga minggu," kata Triyaningsih.

"Saya tampil nothing to lose dan memberikan hasil terbaik saja untuk DKI. Berusaha do my best. Medali ini juga untuk DKI," ujar Triyaningsih.

Seperti Odekta, Triyaningsih juga langsung mengalihkan fokus ke nomor lari 10.000 meter dan marathon putri.

Lihat juga video 'Momen Jokowi Main Bola Bareng Anak Papua di Pembukaan PON':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/krs)