Jadwal Tinju Kelas Berat Akhir Pekan Ini: Fury vs Wilder Jilid 3

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 08 Okt 2021 13:10 WIB
Tyson Fury poses during a news conference in advance of his heavyweight title boxing bout against Deontay Wilder, in Las Vegas on Wednesday, Oct. 6, 2021. (Erik Verduzco/Las Vegas Review-Journal via AP)
Fury akan berusaha mempertahankan gelar dari tangan Wilder. Foto: AP/Erik Verduzco
Nevada -

Satu lagi duel tinju kelas berat akan tersaji akhir pekan ini. Tyson Fury si pemegang sabuk WBC akan menjalani laga ulangan menghadapi boxer Amerika Serikat, Deontay Wilder.

Fury vs Wilder akan bertarung untuk ketiga kalinya, Minggu (10/10) pagi WIB di T-Mobile Arena, Nevada dengan tajuk Once and For All. Pertemuan pertama keduanya terjadi pada 1 Desember 2018, dan saat itu pertarungan berakhir imbang atas penilaian tiga juri.

Rematch pun digelar 14 bulan setelahnya, yakni pada 22 Februari 2020. Kala itu, Fury sukses menang TKO di ronde ketujuh, membuat Wilder kehilangan sabuk WBC yang sudah dipegangnya selama 5 tahun. Wilder kemudian mengajukan rematch yang terakhir.

Selama 1,5 tahun terakhir, kedua pihak tak jarang saling melontarkan psywar. Wilder mengaku kalah karena kostum yang ia pakai sebelum naik ring terlalu berat, membuatnya kelelahan. Ia juga menuding Fury curang karena memasukkan sesuatu pada sarung tangannya, membuat pukulannya lebih bertenaga.

Sementara itu, Fury menganggap rivalnya itu menyedihkan, membuat banyak alasan tanpa mau mengakui bahwa ia sudah kalah. Apapun itu, kini keduanya akan kembali bertanding untuk menentukan siapa juara sejati kelas berat WBC.

Jelang laga, Baik Wilder dan Fury sama-sama menunjukkan optimisme. Fury menganggap Wilder adalah pribadi yang rapuh, dan siap untuk menghajarnya lagi.

"Dia selalu bisa menumbangkanku. Itulah yang perlu dia lakukan. Daratkan tinju yang keras ke mukaku dan berharap aku tidak bangun lagi. Itulah cara dia untuk mengalahkanku. Kalau tidak begitu, dia tak akan bisa mengalahkanku," ujar Fury, dikutip ESPN.

Sementara Wilder, sampai sekarang masih menganggap Fury curang, namun kini bertekad merebut kembali sabuk yang lepas dari genggaman.

"Aku tak perlu membuktikan apapun. Aku tak akan kehilangan apapun, juga tak akan mendapat apapun. Warisan dirimu hanya akan hilang jika hasratmu akan olahraga ini mati. Aku merasa amat hidup sekarang. Energiku seperti pikiranku, sangat kejam," ujar Wilder.

Duel Fury vs Wilder akan digelar setelah tiga pertarungan tambahan dimainkan, yang baru dimulai pukul 08.00 WIB.

LAS VEGAS, NEVADA - FEBRUARY 22:  Tyson Fury (L) punches Deontay Wilder during their Heavyweight bout for Wilder's WBC and Fury's lineal heavyweight title on February 22, 2020 at MGM Grand Garden Arena in Las Vegas, Nevada. (Photo by Al Bello/Getty Images)Dalam laga terakhir keduanya, Fury (kiri) hanya butuh tujuh ronde untuk mengalahkan Wilder. Foto: Getty Images/Al Bello

Jadwal Tyson Fury vs Deontay Wilder Episode III - Once and For All

Minggu 10 Oktober pagi WIB di T-Mobile Arena, Paradise, Nevada mulai pukul 08.00 WIB

Fight card:

Tyson Fury vs Deontay Wilder (12 ronde) - memperebutkan gelar kelas berat WBC (main card)

Frank Sanchez vs Efe Ajagba (10 ronde) - kelas berat

Robert Helenius vs Adam Kownacki (12 ronde) - kelas berat

Jared Anderson vs Vladimir Tereshkin (8 ronde) - kelas berat

(adp/krs)