Gelar Coaching Clinic, HK Edukasi Pentingnya Endurance Sport

Eqqi Syahputra - Sport
Jumat, 08 Okt 2021 12:59 WIB
Gelar Coaching Clinic, HK Edukasi Pentingnya Endurance Sport
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) menggelar Coaching Clinic HK Endurance Challenge bertajuk Endurance Sport to Boost Your Healthy Lifestyle. Sport tourism event ini dilakukan untuk membangitkan geliat ekonomi dan pariwisata di Lombok yang sudah semakin dekat.

Dalam Coaching Clinic ini, Pocari Sweat Sport Science Expert dr. Adrian Purwadihardja menyampaikan beberapa manfaat bagi tubuh orang yang melakukan Endurance Sport. Menurutnya, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, semuanya akan membaik, metabolisme meningkat, berkurangnya serangan jantung dan gangguan pembuluh darah termasuk stroke.

"Endurance sport tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, bahkan anak-anak dapat melakukan latihan ini. Endurance sport juga memiliki manfaat lain, seperti pola pikir menjadi berkembang dan kemampuan berpikir menjadi lebih tajam," ujar dr. Adrian dalam keterangan tertulis, Jumat (8/9/2021).

Sementara itu, Triathlon Coach Wahyu Hidayat menyampaikan dalam mengikuti event dengan skala besar seperti HK Endurance Challenge tentu diperlukan pula latihan yang matang.

"Endurance Sport adalah olahraga yang cukup menderita, tetapi ketika kita mampu menyelesaikannya, kita mampu mengatasi latihan kita, atau kita mampu finish lebih baik dari sebelumnya, maka kita menjadi pemenang bagi kita sendiri," tutur Wahyu.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum HK Endurance Challenge 2021 Intan Zania menyampaikan bahwa Coaching Clinic yang telah diadakan ini merupakan pemanasan untuk para peserta maupun masyarakat luas sebelum pelaksanaan event HK Endurance Challenge 2021.

Selain itu, pelaksanaan dari event ini telah mendapat dukungan dari berbagai pihak mulai dari UMKM setempat hingga jajaran pemerintah, diantaranya yaitu dukungan dan ucapan terima kasih dari Gubernur Provinsi NTB serta Menteri BUMN yang juga berencana akan hadir pada penutupan acara HK Endurance Challenge 2021.

"Terdapat beberapa rangkaian kegiatan pre event yang sudah kita laksanakan dalam menyambut HK Endurance Challenge, diantaranya City Cycling: Jakarta Series, City Cycling: Bali Series, Instagram Live, dan juga kita akan mengadakan Open Water Swim pada 18 September lalu," ujar Intan.

Lebih lanjut, ia juga meminta dukungan dari berbagai pihak agar HK Endurance Challenge yang akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2021 mendatang dapat berjalan dengan lancar.

"Untuk HK Endurance Challenge di Lombok nanti akan diikuti oleh atlet professional. Hingga saat ini tercatat 18 negara dari 5 benua yang sudah terdaftar untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut," pungkas Intan.

Sebagai informasi, pemilihan Lombok sebagai lokasi event ini merupakan bukti upaya Hutama Karya untuk memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi, serta untuk membangkitkan kembali semangat para pelaku usaha di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia khususnya di wilayah yang berada dekat dengan proyek infrastruktur yang sedang digarap perusahaan, seperti Bendungan Meninting dan Perpanjangan Bandara Internasional Lombok.

(akd/ega)