Menpora Sebut Banyak Talenta Sepakbola di PON Papua untuk Timnas

Angga Laraspati - Sport
Jumat, 15 Okt 2021 21:34 WIB
Menpora Wanti-wanti Atlet hingga Penonton PON Papua Disiplin Prokes
Foto: Dok. Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali setelah menyaksikan pertandingan Sepakbola di PON XX Papua melihat adanya banyak talenta baik di tim Papua dan Provinsi lain. Ia pun mengatakan ada harapan untuk sepakbola Indonesia ke depannya.

"PON ini merupakan tempat memantau bakat dan talenta dan semua tim yang tampil di PON Papua. Khususnya cabor sepakbola baik putra maupun putri saya bisa melihat talenta-talenta yang nantinya bisa kita dorong ke tim nasional," imbuh Amali dilansir dari website Kemenpora, Jumat (15/10/2021).

Hal ini disebut Amali saat menyaksikan secara langsung pertandingan final cabang olahraga Sepak Bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang mempertemukan tim dari kontingen Papua melawan tim Aceh di Stadion Mandala Jayapura, Kota Jayapura, Kamis (14/10) kemarin.

Pertandingan yang berlangsung sengit ini dimenangkan tim tuan rumah dengan skor 2-0. Amali pun mengalungkan medali emas kepada tim PON Papua usai laga. Dua gol kemenangan tim tuan rumah dicetak kapten tim, Ricky Ricardo. Raihan ini membuat tim asuhan Eduard Ivakdalam mendapatkan medali emas.

Usai laga, Amali yang duduk di tribun VVIP turun dan mengucapkan selamat kepada para juara. Ia pun berkesempatan mengalungkan medali emas kepada tim sepak bola putra PON Papua. Sementara itu, medali perak diraih tim Aceh dan perunggu direbut Jawa Timur

Ia pun terkesan dengan aksi gemilang pesepak bola Ricky Ricardo selama pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Ia meminta PSSI untuk memantau kapten tim sepak bola putra PON Papua itu.

"Saya sudah bilang ke Sekjen PSSI tolong dipantau pemain yang bertanding di PON Papua ini, terutama Ricky dan beberapa lainnya," kata Amali.

Ia berharap Ricky bisa menjadi salah satu pesepakbola yang bersinar kedepannya. Oleh karenanya, diharap atlet tersebut bisa terus berlatih dan mengasah kemampuannya.

"Kita harap PSSI catat (dalam pemantauannya). Saya kira tak hanya dalam laga ini ya, provinsi lain juga," ujar Amali.

Pemantauan talenta ini memang sejalan dengan apa yang diharapkan pemerintah. Amali menegaskan PON harus dijadikan ajang untuk mencari atlet yang kedepan bisa diharapkan untuk mengisi pemusatan latihan nasional (pelatnas).

Ricky Ricardo memang mencuri perhatian sepanjang PON XX. Tak hanya menyumbangkan medali emas untuk tim Papua, pemilik nomor 10 di skuat asuhan Eduard Ivakdalam ini juga menutup kiprahnya di PON Papua sebagai top skor.

"Sebelum PON bergulir, saya sudah yakin kami akan juara di tanah kami sendiri," kata Ricky selepas pertandingan.

Ricky menjelaskan, persiapan panjang sudah dilakukan sejak lama oleh timnya. Mereka juga telah melakoni pertandingan uji coba. Pertandingan uji coba itu disebutnya sangat berarti dan menambah kerekatan dalam tim.

"Semua pemain di tim Papua ini rendah hati dan saling mengasihi satu sama lain," pungkas Ricky.



Simak Video "Mau Nonton Langsung PON XX Papua? Simak Syaratnya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)