5 Fakta Unik HK Endurance Challenge yang Diikuti Atlet dari 5 Benua

Nurcholis Maarif - Sport
Selasa, 19 Okt 2021 22:34 WIB
HK Endurance
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) menggelar HK Endurance Challenge 2021: Lombok Series pada Minggu (17/10). Gelaran olahraga berskala internasional yang digelar di Lombok ini diikuti 100 peserta dari berbagai negara.

Selain itu, melansir keterangan resmi Hutama Karya, ada beberapa fakta menarik terkait gelaran HK Endurance 2021: Lombok Series sebagai berikut.

Diikuti Atlet dari 18 Negara dan 5 Benua

HK Endurance Challenge 2021: Lombok Series diikuti 100 peserta, mulai dari atlet hingga elites, dari 18 negara yang mewakili lima benua. Antara lain Amerika, Eropa, Asia, Afrika, dan Australia.

Rute Challenge: Dari Gili Air hingga Sirkuit Mandalika

Rute HK Endurance Challenge 2021: Lombok Series melintasi Kepulauan Gili Air-Pantai Sire-Kuta Mandalika-Sirkuit Mandalika. Rangkaian kegiatan triathlon yang terdiri atas renang antar pulau sejauh 2 km, bersepeda 100 km, dan lari 21 km dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu oleh tiap peserta sepanjang total 123 km.

Pemenang HK Endurance Challenge

Perwakilan elites triathlon asal Indonesia, Andy Wibowo menjadi yang pertama mencapai garis finish. Ia berhasil menyelesaikan challenge renang 2 km dalam waktu 18 menit dan total waktu penyelesaian challenge 4 jam 59 menit.

Setelah Andy Wibowo disusul finisher selanjutnya oleh peserta laki-laki yang mewakili Indonesia atas nama Yan Bachtiar yang berhasil dinobatkan sebagai champion HK Endurance Challenge 2021 kategori male dengan jarak tempuh 123 km dan waktu penyelesaian 5 jam 30 menit. Pada champion kategori female diraih oleh Emma Jean Payne asal UK dengan waktu penyelesaian 6 jam 36 menit.

Jadi Uji Coba Acara Olahraga Turis di Sirkuit Mandalika

Acara ini dinilai menjadi salah satu uji coba event sport tourism atas penggunaan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau lebih dikenal dengan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Kegiatan hari ini menjadi display dari The Mandalika sebagai destinasi pilihan untuk penyelenggaraan sport tourism di Indonesia," ujar Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

"Dengan tersedianya Jalan Kawasan Khusus (JKK)/Mandalika International Street Circuit, infrastruktur dasar dan penunjang, serta spot alam seperti pantai-pantai dan perbukitan, kami optimistis kawasan The Mandalika siap menjadi tuan rumah berbagai event sport maupun wisata budaya," imbuh Arie yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Program Charity untuk Sekolah

Tak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga triathlon, HK Endurance Challenge juga hadir untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan melakukan program CSR kepada enam sekolah di sepanjang rute challenge sepanjang wilayah Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Tengah. Program charity tersebut berupa bantuan uang tunai senilai total 150 juta.

(ncm/ega)