ADVERTISEMENT

40.872 Peserta Siap Tanding Catur di Piala Presiden Esports 2021

Randy Prasatya - Sport
Jumat, 29 Okt 2021 21:57 WIB
BEVERWIJK, NETHERLANDS - JANUARY 27:  A detailed view of the board and pieces including the Queen, King, Knight, Bishop, Rook and Pawn during the 83rd Tata Steel Chess Tournament held in Dorpshuis De Moriaan on January 27, 2021 in Wijk aan Zee, Netherlands (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Mobile Premier League (MPL) mengumumkan ada 40.872 peserta yang siap tampil di Speed Chess MPL di Piala Presiden Esports (PPE) 2021.

Pencapaian ini mengukuhkan status turnamen Speed Chess yang baru pertama kali digelar di ajang PPE sebagai turnamen mobile game catur terbesar di Indonesia, berdasarkan jumlah peserta.

MPL membuka registrasi untuk turnamen Speed Chess pada 4 Oktober 2021 di platform MPL dan secara resmi menutup pendaftaran pada 25 Oktober 2021.

Selain menghadirkan jumlah peserta terbanyak, turnamen yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pemain esports profesional dan industri esports lokal ini juga merupakan turnamen mobile game catur menawarkan hadiah dengan jumlah terbesar, mencapai total Rp200 juta.

Country Head MPL Indonesia, Ridzki Syahputera, menyatakan jumlah 40.000 peserta yang mendaftarkan diri menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap cabang olahraga catur, serta mobile game berbasis ketangkasan dan turnamen kompetitif yang tersedia setiap harinya di platform MPL.

"Ke depannya, MPL akan memfokuskan upaya kami untuk memberikan pengalaman catur terbaik kepada para pemain di platform MPL saat mereka bersaing untuk memenangkan hadiah dan bagi penerima gelar pemenang turnamen catur online terbesar di Indonesia." kata Ridzki dalam siaran pers.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Henry Hendratno mengatakan, turnamen mobile game Speed Chess yang digelar MPL dalam Piala Presiden eSports 2021 merupakan turnamen mobile game catur terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.

Sebagai organisasi olahraga catur nasional yang mengusung pembinaan serta pengembangan bakat dan kemampuan catur di tanah air, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan MPL untuk lebih mempopulerkan olahraga catur ke anak-anak muda di seluruh Indonesia lewat game Speed Chess di platform MPL.

"Kami berharap turnamen ini selain dapat membantu menumbuhkan olahraga catur di Tanah Air, juga mendukung lahirnya talenta-talenta catur nasional baru," ujar Henry.

Sejak berdiri, Percasi menurut Henry memiliki komitmen untuk senantiasa mendorong pertumbuhan olahraga catur nasional melalui berbagai inisiatif dan kompetisi, baik di tingkat nasional maupun lokal.

"Dari seluruh turnamen yang selama ini kami selenggarakan, turnamen mobile game Speed Chess merupakan sebuah terobosan baru yang terbukti mampu mengundang minat ribuan orang. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa dalam skala turnamen catur nasional," tambah Henry.



Simak Video "Kontingen Indonesia Sumbang Medali Emas dari Cabor Catur"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT