Peparnas Papua 2021: Bayu Ari Sadewa Raih Emas Pertama Jabar

Yudha Maulana - Sport
Sabtu, 06 Nov 2021 10:33 WIB
Bayu Ari Sadewa, Peparnas Papua
Foto: Dok. Peparnas Jabar
Bandung -

Jawa Barat, juara umum PON Papua 2021, meraih medali emas pertamanya di Peparnas Papua 2021 lewat pencapaian Bayu Ari Sadewa.

Medali emas tersebut diraih Bayu Ari Sadewa setelah mencapai garis finis paling pertama dalam kelas T+54 (tuna rungu) di nomor 1.500 meter, Sabtu (6/11/2021).

Pelatih atletik NPCI Jabar Kevin Fabiano mengatakan, pihaknya sebenarnya tak mau membebani atletnya untuk meraih medali dalam setiap pertandingan. Menurutnya, atlet diberi keleluasaan untuk tampil tanpa beban, tapi ia yakini tiap atlet yang bertanding memiliki motivasi yang kuat.

"Target kita enggak muluk muluk, sehingga saya minta kepada atlet agar bertanding enjoy tanpa beban," kata Kevin seperti dikutip detikSport dari keterangan resmi kontingen Peparnas Jabar, Sabtu (6/11/2021).

"Alhamdulillah sesuai target, saya target emas bisa terbukti emas pagi ini. Hari ini ada 15 atlet yang bertanding, kita belum bisa menentukan berapa target," ucap Kevin melanjutkan.

Raut wajah Bayu Ari Sadewa pun semringah setelah berhasil finis pertama di nomor 1500 meter. Menurutnya, keberhasilan tersebut berkat dorongan semua pihak dan kefokusan diri saat bertanding.

"Alhamdulillah, saya berhasil meraih medali emas pertama berkat dukungan semua pihak dan utamanya saya fokus pada pertandingan tanpa beban," ucap Bayu.

Ketua Kontingen Jawa Barat pada Peparnas XVI Papua Dedi Supandi mengatakan, sejumlah persiapan terus dilakukan oleh pihaknya sejak mendarat di Bumi Cendrawasih pada Selasa 2 November 2021 lalu.

"Jawa Barat sangat siap untuk mentas di seluruh pertandingan, selama di Papua kita masih mengadakan latihan pada beberapa titik lokasi. Kita berupaya bekerjasama dengan Kodam setempat untuk meminjam beberapa fasilitas untuk lokasi latihan itu," ujar Dedi Supandi.

Diketahui, pesta olahraga multicabang terbesar nasional bagi atlet penyandang disabilitas kali ini mempertandingkan 12 cabang olahraga. Kontingen Jabar sendiri bakal berpartisipasi pada seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

(yum/krs)