'Program DBON Menpora Harus Terus Didukung'

Tim Detikcom - Sport
Senin, 08 Nov 2021 22:02 WIB
Menpora Wanti-wanti Atlet hingga Penonton PON Papua Disiplin Prokes
Menpora Zainudin Amali sedang menggalakkan program DBON (Dok. Kemenpora)
Makassar -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali lagi menggalakkan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Program tersebut diminta terus didukung demi kemajuan olahraga nasional.

Pernyataan ini disampaikan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN, Eng dalam sambutannya dalam acara DBON yang digelar di Hotel Myko, Makassar, Minggu (7/11/2021).

Acara ini turut dihadiri Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia (ISORI) Syahrial Bahtiar, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan sejumlah tokoh lainnya.

Mengawali sambutannya, Husain Syam mengaku banyak berdiskusi dengan Amali selama dalam perjalanan dari bandara menuju hotel tempat penginapan terkait program-program yang dijalankan, untuk memajukan olahraga maupun pemuda dalam jangka panjang.

"Itu menunjukkan pikiran-pikiran kita untuk bersama-sama pak menteri, bersama untuk memajukan olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional yang sudah ada Perpres ini, saya kira tidak ada kata lain kita harus bersama- sama menjadi bagian dari desain ini untuk melahirkan prestasi olahraga," kata Husain Syam dalam rilis kepada detikSport.

"Saya ingin katakan secara khusus kepada pak menteri, jujur saya mencatat dari seluruh menteri yang ada, pak menteri olahraga ini termasuk dalam satu menteri yang berhasil dan luar biasa telah melahirkan grand design olahraga," sambungnya.

Belum lama ini, dalam sebuah survei Kemenpora pimpinan Amali dinilai sebagai salah satu dari lima kementerian yang punya kinerja bagus. Ini tak lepas dari prestasi yang dicatatkan atlet Indonesia di tingkat internasional.

Salah satunya adalah mempertahankan tradisi medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dan membawa pulang Piala Thomas ke Tanah Air setelah 19 tahun puasa gelar.

Ini menunjukkan bahwa Pepres DBON yang diteken Presiden Joko Widodo beberapa waktu mulai berjalan baik sehingga patut untuk dijaga ke depannya.

"Sebut saja terakhir bulu tangkis di Piala Thomas, 19 tahun tidak bisa kita rebut. Disaat beliau menjadi menteri, alhamdulillah atas semangat, kita bangga sekali, pak menteri ini tidak pernah berhenti bergerak dan berpikir untuk pembangunan dan kemajuan olaharaga," papar Syam.

Selain di olahraga, ada juga bidang pemuda yang berhasil digarap Amali, yakni program entrepreneurship untuk para pemuda khususnya di perguruan tinggi.

"Pemuda hari ini dan pemuda hari esok, ini sudah didesain oleh Menteri Pemuda dan Olahraga," jelasnya.

Terakhir Husain Syam mengingatkan bahwa dalam pengembangan olahraga, para sarjana olahraga harus digandeng oleh pemerintah sebab sains akan sangat berperan penting dalam membentuk atlet berkualitas, seperti di negara maju.

"Kalau kita mau mengembangkan olahraga, mesti kita tidak bisa melepaskan para sarjana olahraga. Karena keilmuan itu penting dalam kita melakukan sebuah desain besar. ISORI adalah bagian penting dalam melakukan ini," pungkasnya.

Lihat juga Video: Ketua Komisi X: Mestinya LADI Diperkuat Pemerintah

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/rin)