Atlet Petembak Muda Ini Tembus Tiga Besar di Dankormar Cup 2021

Randy Prasatya - Sport
Senin, 15 Nov 2021 20:19 WIB
Omar Rawiendra Harnoko
Foto: Istimewa
Jakarta -

Dankormar Cup Tahun 2021 berlangsung di Lapangan Tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir, Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Event tersebut dibuka oleh Wakil Komandan KorpsMarinir(Wadankormar) BrigjenTNI(Mar) Endi Supardi.

Lomba yang digelar 12-14 November 2021 itu merupakan rangkaian untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Korps MarinirTNI Angkatan Laut.

Beberapa petembak muda nasional yang tergabung dalam club menembak di jajaran Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) turut ambil bagian dalam Dankormar Cup Tahun 2021, bergabung dengan 989 orang lainnya dari TNI, Polri, dan masyarakat umum.

Petembak muda di antaranya, Sarah Ayu Tamela (22 Tahun), Vincent Djayadiningra (24 Tahun), dan salah satu shooter muda potensial dari Perbakin DKI Jakarta, Omar Rawiendra Harnoko (16 tahun).

Omar, yang berusia 16 tahun, baru memulai olahraga menembak sejak tahun lalu dan telah mengikuti beberapa kejuaraan Nasional bergabung dalam tim Infinity Indonesia yang ambil bagian dalam kategori pistol reaksi open The International Practical Shooting Confederation (IPSC).

"Alhamdulillah, event kali ini berjalan sangat lancar baik untuk saya dan peserta lainnya. Dan Korps Marinir TNI Angkatan Laut selaku penyelenggara memberikan fasilitas yang sangat baik," ujar Omar usai pertandingan, Minggu (14/11/2021).

Omar melanjutkan, persaingan di Dankormar Cup cukup ketat sekali, namun dia mengatakan banyak kompetitor yang tidak ikut dikarenakan banyaknya pertandingan menembak beberapa pekan terakhir.

"Banyak kompetitor yang tidak ikut karena padatnya jadwal pertandingan. Namun saya berharap semoga ke depannya semakin banyak petembak yang ikut. Pasalnya dalam Dankormar Cup 2021, banyak peserta non IPSC atau peserta baru. Dan selamat serta sukses untuk korps Marinir yang sudah menyelenggarakan event ini dengan baik," harap Omar.

Sebelum mengikuti Dankormar Cup 2021, siswa Al-Azhar Pondok Labu tersebut memiliki berbagai prestasi, diantaranya juara Dankormar Cup 2020 Junior 3 grade U2, Gubernur Jabar Cup Junior 3 grade U2, Danjen Kopassus Cup 2021 Junior 3 grade C1, Eiger Championship 2021 Junior 2 grade C2.

Di Dankormar Cup 2021, Omar berhasil menduduki peringkat 8 untuk semua kategori yang diperlombakan, menduduki peringkat 3 untuk kelas junior serta sukses bertengger di peringkat 1 untuk kelas C.

Sementara itu, dalam amanatnya Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengatakan, Lomba Menebak Dankormar Cup Tahun 2021 itu sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan dan berbagi pengalaman bagi para prajurit dan pecinta olahraga menembak.

"Lomba Menembak ini juga sebagai wadah yang dapat digunakan bagi para prajurit dan pecinta olah raga menembak sebagai tolak ukur kemampuan dan saling menggali pengalaman serta bertukar informasi perkembangan didalam upaya meningkatkan prestasi menembak. Sehingga diharapkan pada kegiatan lomba menembak ini akan dapat memunculkan bibit-bibit petembak baru yang memiliki potensi dan syarat pengalaman hingga akhirnya dapat tampil menjadi Duta Bangsa yang disegani pada Event-event perlombaan tingkat Internasional," kata Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Lebih jauh dia berharap, Lomba Tembak Dankormar Cup Tahun 2021 ini dapat terlaksana secara optimal dengan berupaya memelihara ketertiban dan kelancaran serta menunjukkan prestasi dan menjunjung tinggi sportifitas, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Adapun Bidang yang dilombakan pada Lomba Dankormar Cup ini, antara lain, menembak Pistol meliputi Pistol Presisi dan Eklusif serta Pistol reaksi IPSC dan Non IPSC, Menembak Sniper/HPR (High Power Rifle) Perorangan dan beregu 100M, 300M dan 400M dan Air Refle/PCC (Pre Charged Pneumatic) Banchrest 25M, Multirange (18, 27, 33, 44) berdiri serta Banchrest 41 M.



Simak Video "Liukan Vinicius Junior dalam Gol Penentu Kemenangan Madrid"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)