Bicara SDM Olahraga, Menpora: Jabar Surplus Atlet!

Dony Indra Ramadhan - Sport
Selasa, 16 Nov 2021 18:50 WIB
Tim Jawa Barat (dari kiri ke kanan) Raden Roselin,
Erna Nuryanti, Tyas Murtiningsihdan Ulfa Silpiana
berhasil finish pertama di nomor Lari Estafet 4 x 100 Meter Putri PON XX Papua, dan memastikan Jawa Barat meraih medali emas, nomor ini digelar di Stadion Mimika Sport Complex, Rabu (13/10/2021). Foto : PB PON XX Papua / Ady Sesotya
Atlet PON Papua 2021 asal Jabar (PB PON XX Papua / Ady Sesotya)
Bandung -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memuji regenerasi atlet di Jawa Barat. Juara umum PON Papua 2020 jadi bukti di sana banyak atlet berkualitas.

Hal itu diungkapkan Amali usai sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021). Jabar menjuarai PON lalu sekaligus gelar juara umum kedua beruntun setelah di 2016 saat jadi tuan rumah.

Menurut Amali, Jabar sukses membina atletnya di level daerah sehingga bisa menelurkan jagoan di level nasional dal internasional.

"Saya kira potensi dari atlet Jabar mengisi pelatnas, sekarang ini bisa dihitung sendiri pasti banyak dari Jabar," ucap Amali.

"Jabar ini istimewa dan terdepan dalam pembinaan olahraga. Kemarin, terbukti di PON tekad untuk mengokohkan Jabar Kahiji itu tercapai menjadi nomor satu," sambungnya.

Amali menyatakan munculnya atlet berprestasi dari Jabar tak lepas dari proses pembinaan yang dilakukan. Dia pun memuji proses pembinaan yang dilakukan oleh Jabar.

Bahkan Amali berkelakar kalau Jabar kelebihan atlet berkualitas sehingga harus bermain di daerah lainnya.

"Itu sebagai dampak dari pembinaan yang ada dan merata di kabupaten dan kota kemudian juga kehadiran perguruan tinggi seperti UPI itu juga menambah kekuatan untuk pembinaan Jabar," tutur dia.

"Kita harus berkolaborasi untuk tujuan kita adalah prestasi. Di samping itu, olahraga juga ditujukan ke pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh dan tentu produktif. Tentu saya berharap Jabar bakal mempertahankan reputasi sebagai gudang prestasi olahraga," kata Amali menambahkan.

"Saya kira, di PON kemarin sudah bisa dilihat dan PON itu sebagai ajang untuk mencari bibit dan talenta dan pasti isinya akan banyak dari Jabar. Jadi potensi luar biasa bahkan saya sampai berkelakar tadi bahwa Jabar ini surplus karena banyak atlet yang dari Jabar yang munculnya di tempat lain, terbukti itu," kata dia.

Sementara itu Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan banyak inovasi yang sudah dilakukan oleh pemprov Jabar guna menambah bibit-bibit atlet berprestasi.

"Peluang untuk olahraga dengan inovasi yang terbaru bisa kita manfaatkan, apalagi tadi Jabar disampaikan menyumbang atlet terbanyak dalam event olahraga dan mudah-mudahan Jabar tetap seperti itu, Jabar juara selamanya," kata Uu.

(dir/mrp)