Pemda di Sulsel Diminta Tiru Pemkot Parepare Dukung Olahraga Tinju

Angga Laraspati - Sport
Kamis, 18 Nov 2021 16:44 WIB
Pemkot Parepare
Foto: Dok. Pemkot Parepare
Jakarta -

Ketua Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Kabupaten Takalar, Zainuddin Detol meminta pemerintah daerah di Sulsel meniru Pemkot Parepare dalam mendukung olahraga tinju. Menurutnya, Pemkot Parepare yang dipimpin Wali Kota Taufan Pawe lebih matang dalam mendukung olahraga tinju.

Zainuddin mengatakan hal tersebut dengan melihat dari infrastruktur olahraga tinju dan suksesnya penyelenggaraan Kejuaraan Tinju Amatir se-Sulsel tahun 2021.

"Saya sangat salut dan bangga apa yang dilakukan pak wali (Taufan Pawe) dalam rangka kegiatan pra porda dalam rangka memajukan olahraga khususnya tinju. Support yang luar biasa dari Pemerintah Kota Parepare sehingga acara ini sangat sukses," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021).

Ia pun berharap semua daerah di Sulsel bisa meniru Pemkot Parepare dalam mendukung olahraga tinju, karena tinju merupakan olahraga bergengsi yang bisa menyalurkan bakat generasi muda.

"Karena ini ajang yang bergengsi karena bisa menyalurkan bakat generasi muda, menghasilkan atlet tinju profesional yang tentunya akan membawa nama baik daerah dan Sulsel ke tingkat nasional maupun tingkat dunia," imbuhnya.

Dirinya juga mengapresiasi perhatian dan bantuan Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dan Manajer Pertina Parepare Zulham Arief. Pasalnya selama di Kota Parepare, kontingen Pertina Takalar mendapat akomodasi, baik tempat tinggal maupun makanan.

"Saya mewakili Pertina Takalar dan Pemerintah Takalar mengucapkan terimakasih kepada Pak Wali atas bantuannya. Kami juga mengapresiasi kepada bapak Zulham Arief yang support kepada atlet kami dengan memberikan vitamin," jelasnya.

Diketahui, Wali Kota Parepare Taufan Pawe telah membuka secara resmi Kejuaraan Tinju Amatir se-Sulsel tahun 2021, di Gedung Olahraga (GOR) Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Senin (15/11) kemarin.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe mengatakan kejuaraan tinju merupakan bentuk kepedulian pemerintah melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare untuk melahirkan atlet-atlet tinju masa depan.

Dirinya akan terus memberikan perhatian dengan menambah anggaran Disporapar untuk membenahi infrastruktur olahraga tinju lebih baik lagi. Bahkan secara pribadi, Taufan Pawe memberikan hadiah kepada para atlet yang berprestasi.

"Saya tambah hadiah buat pemenang nantinya sebagai uang transport pulang dengan total hadiah Rp 25 juta," ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia, Fadly Agus Mante, yang juga Ketua Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Parepare mengatakan, turnamen Pra Porda Sulsel ini memecahkan rekor jumlah peserta petinju terbanyak untuk acara regional.

Gelaran ini diikuti 172 petinju dari 17 Kabupaten Kota se-Sulawesi Selatan (Sulsel) turut serta dalam memperebutkan Piala Wali Kota Parepare ini.

"Kami berharap kejuaraan tinju ini menjadi agenda Pertina Sulsel untuk ditetapkan sebagai even berskala nasional dan dilaksanakan di Kota Parepare," ucapnya.

(akn/ega)