Indonesia Tuan Rumah IESF 14th Esports World Championships 2022

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 20 Nov 2021 08:06 WIB
Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022. Ajang itu akan dihelat di Bali, 20-27 November tahun depan.
Indonesia jadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 (Istimewa)
Jakarta -

Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022. Ajang itu akan dihelat di Bali, 20-27 November tahun depan.

Kepastian itu muncul setelah delegasi Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Desra Firza Ghazfan menerima plakat seremonial dari Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu pada acara IESF Ordinary General Meeting di Eliat, Jumat (19/11).

Marinescu mengatakan single event Esports paling bergengsi se-dunia ini akan diikuti lebih dari satu juta peserta, dengan syarat wajib lolos sesi kualifikasi yang bergulir sejak tiga bulan sebelumnya. Ajang tersebut juga rencananya mempertandingkan tiga genre game, yakni PC (komputer), ponsel, dan konsol.

"Bali sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022. Sebab, Indonesia memiliki tim Esports yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama. Kami sangat gembira bisa membawa event ini ke Bali," kata Marinescu dalam rilis KOI.

"Saat ini komunitas Esports di seluruh dunia telah berkembang menjadi sangat besar. Kami tidak sabar melihat mereka bertemu dengan kondisi terbaik untuk menunjukkan kemampuan optimalnya," sambungnya.

Sekretaris Jenderal Federasi Esports Asia Tenggara (SEAEF) Samart Benjamin Assarasakorn mengucapkan selamat atas penetapan Indonesia menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022. SEAEF disebut akan berkomitmen mendukung agar event ini dapat terselenggara dengan sukses.

"Kami memberi komitmen penuh untuk Indonesia. Penetapan Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 menjadi bukti bahwa ASEAN merupakan regional yang siap untuk menyelenggarakan turnamen Esports kelas dunia," ujar Benjamin.

Indonesia mengirim beberapa perwakilan di IESF Ordinary General Meeting, yakni Desra yang menjabat sebagai Ketua Komisi Sports and Environment KOI, Ketua IESPA Eddy Lim, Wakil Ketua Umum IESPA Diana Sutrisno, dan Dewan Pembina PB Esports Indonesia Ibnu Riza Pradipto.

KOI telah berperan aktif mengawal kolaborasi IESPA dan PB Esports Indonesia sejak awal. Sinergi tersebut melahirkan Badan Timnas Esports, tim ad-hoc yang mewadahi atlet-atlet esports Indonesia tampil di ajang internasional.