WSBK Mandalika: Rahasia Toprak Ngebut di Hari Pertama

Lucas Aditya - Sport
Sabtu, 20 Nov 2021 09:00 WIB
Team Pata Yamaha with Brixx rider Toprak Razgatlioglu of Turkey passes by during a free practice 1 Superbike World Championship at Mandalika International Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Friday, Nov. 19, 2021. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Rider Prata Yamaha, Toprak Razgatlioglu tercepat di sesi latihan bebas WSBK Mandalika hari pertama (Foto: AP/Achmad Ibrahim)
Lombok -

Rider Prata Yamaha, Toprak Razgatlioglu, menjadi yang tercepat di latihan bebas hari pertama WSBK Mandalika 2021. Pebalap asal Turki itu mengungkap rahasianya.

Di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021), Toprak mendominasi latihan bebas pertama dan kedua. Di latihan bebas pertama, pebalap 25 tahun itu membukukan waktu 1 menit 34,985 detik. Toprak unggul 1,544 detik dari Alexander Thomas Lowes yang ada di posisi kedua.

Sementara di latihan bebas kedua, Toprak mampu membukukan waktu 1 menit 34,230 detik. Pada sesi kedua, dia membukukan waktu lebih cepat dari Jonathan Rea sejarak 0,174 detik.

Melaju di trek baru, Toprak mengungkap bahwa dirinya memang suka membalap di trek baru. Dia sudah pernah mempunyai pengalaman seperti saat di Turki.

"Saya tidak tahu, saya hanya naik motor saja. Karena saya selalu suka trek baru. Saya selalu cepat," kata Toprak kepada pewarta selepas sesi latihan bebas.

"Saya selalu suka trek yang kotor (berdebu), karena saya selalu berlatih seperti ini. Di Turki, saya sepekan tak ke trek. Di hari pertama masih bersih, sama seperti di sini, dari (racing) line, dan saya selalu suka seperti ini. Mungkin karena itu bisa start cepat," kata dia menambahkan.

Toprak saat ini sedang berjuang untuk memperebutkan gelar juara WSBK 2021. Toprak bersaing ketat dengan rider Kawasaki, Jonathan Rea. Toprak ada di posisi pertama dengan raihan 531 poin, unggul 30 angka dari rider asal Irlandia Utara itu.

(nds/nds)