Bamsoet Kaget Banyak Daerah Minta IMI Buka & Resmikan Sirkuit

Angga Laraspati - Sport
Minggu, 21 Nov 2021 10:11 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia mengaku kaget karena banyak permintaan untuk membuka dan meresmikan sirkuit-sirkuit yang ada di daerah. Bahkan beberapa di antara meminta IMI untuk jadi pengelola.

Bamsoet menuturkan daerah yang sudah membuka sirkuitnya disebut di Jambi, Makassar, Kepulauan Riau, Tanjung Lesung, Bintan, dan di Sumatera Selatan. Ia juga menyebut akan ada agenda rally mobil yakni di Meikarta dan Medan dalam waktu dekat.

"Bahkan mereka ada yang meminta IMI untuk mengelola sirkuit tersebut," tutur Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (21/10/2031).

Banyaknya digelar olahraga otomotif menurut Politisi Golkar tersebut menunjukan olahraga ini ke depan akan berlari kencang.

"Mudah-mudahan pandemi segera berlalu, sehingga kita harapkan eskalasi kegiatan otomotif bisa mendorong kegiatan ekonomi masyarakat sekitarnya," imbuh Bamsoet.

Di sisi lain, Bamsoet menuturkan tugas selain memajukan olahraga otomotif, anggota IMI juga wajib mendorong tumbuh dan berkembangnya objek-objek wisata yang ada.

"Sehingga dengan demikian diharapkan IMI bisa membantu dan memberikan kontribusi bagi percepatan perkembangan perekonomian masyarakat," katanya.

Sementara itu, pada hari Sabtu (20/10) kemarin, Bamsoet memberikan sambutannya dalam 'Indonesian Drag Bike Championship 2021' dan 'Final Ajang Miss IMI 2021'. Kegiatan ini digelar di International Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor.

"Saya senang berada di tengah-tengah kalian karena hari ini (red: kemarin) merupakan salah satu tonggak sejarah daripada perjalanan Ikatan Motor Indonesia (IMI)," ujar Bamsoet.

Ia menjelaskan acara yang digelar hari itu merupakan acara penggabungan kegagahan para pembalap dengan keanggunan Miss IMI.

"Agar tidak melulu laki-laki maka kita pasangkan dengan kontestasi ajang pemilihan Miss IMI," imbuhnya.

Diungkapkan, kontes miss IMI diikuti oleh 34 peserta dari 34 provinsi yang selanjutnya diseleksi menjadi 10 finalis dan pada final dipilih lagi menjadi 5 peserta.

"Acara ini merupakan langkah awal walaupun sebelumnya sudah banyak kegiatan di Sentul dengan berbagai macam lomba balap," jelas Bamsoet.

Bamsoet juga mengungkapkan pada minggu selanjutnya akan banyak kegiatan yang digelar di Sirkuit Sentul, seperti kejuaran balap mobil. Pada tanggal 11 hingga 12 Desember 2021 juga akan ada Kejuaraan Balap Motor Bebek Piala Presiden.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap COVID-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebagai informasi, pada kegiatan tersebut selain dihadiri para peserta drag bike, Miss IMI, dan ribuan penggemar olahraga otomotif juga dihadiri oleh pembalap senior sekaligus tokoh IMI, yakni Hutama Mandala Putra dan Tinton Soeprapto.

Simak juga 'Ogah Kalah dari Mandalika, Bamsoet Mau Sirkuit Sentul Gelar MotoGP-F1':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)