Ketum Hoki Indonesia Periode 2021-2025 Bidik Piala Dunia 2024

Randy Prasatya - Sport
Senin, 29 Nov 2021 21:01 WIB
Mayor Jenderal TNI AD, Budi Sulistijono terpilih secara aklamasi menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (PP FHI) periode 2021-2025.
Ini Kepengurusan Federasi Hoki Indonesia 2021-2025 (dok. Hoki Indonesia)
Jakarta -

Mayor Jenderal TNI AD, Budi Sulistijono, terpilih secara aklamasi menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) periode 2021-2025 dalam Musyawarah Nasional (Munas) FHI yang digelar di Jakarta, Sabtu, 27 November 2021.

Dalam Munas yang dihadiri 17 Pengprov FHI, Budi Sulistijono yang menjabat Dewan Pembina FHI itu menggantikan posisi Brigjen TNI AD, Yus Adi Kamrullah.

Budi Sulistijono diharapkan dapat melanjutkan program pembinaan olahraga hoki Indonesia. Apalagi, PP FHI sedang melakukan Trainning Camp (TC) Pelatnas tim nasional hoki indoor putra dan putri di Arthayasa Sport Hall Depok, Jawa Barat, kejuaraan Hoki Indoor Asia di Thailand, 21-28 Maret 2022. Target timnas hoki indoor Indonesia di bawah asuhan pelatih asal Malaysia, Dharma Raj, adalah lolos ke World Cup 2024.

"Ya, saya harus meneruskan perjuangan pak Yus Adi Kamrullah yang sukses menjadikan PP FHI sebagai satu-satunya organisasi hoki Indonesia yang menjadi anggota Federasi Hoki Internasional (FIH). Kini, saya bertekad untuk mewujudkan impian timnas hoki indoor Indonesia bisa tampil di World Cup 2024," kata Budi Sulistijono.

"Saya akan terbuka dalam setiap mengambil keputusan dengan melibatkan semua unsur organisasi dan juga siap menerima masukan dalam hal penggunaan dana maupun pemilihan atlet yang akan memperkuat timnas hoki Indonesia."

"Keterbatasan lapangan hoki memang menjadi kendala. Tapi, itu kan bisa diatasi dengan memanfaatkan hall-hall, lapangan terbuka sarana cabor lain, atau gedung-gedung serbaguna di lingkungan sekolah. Contohnya, Arthayasa Sport Hall saja bisa dijadikan lapangan hockey untuk tempat latihan Timnas Hockey Indoor Indonesia," jelasnya.

Upaya lain dalam mengembangkan prestasi hoki Indonesia juga sudah dilakukan. Yakni, meningkatkan kemampuan teknik maupun fisik dengan memanfaatkan sport science serta mendatangkan pelatih berkualitas dari Malaysia, Dharma Raj, yang pernah membawa timnas Hoki Malaysia tampil di World Cup.

"Kehadiran Dharma Raj akan dimanfaatkan untuk membangun kualitas pelatih di berbagai daerah sehingga mereka bisa melahirkan atlet-atlet berkualitas yang bisa diandalkan untuk memperkuat timnas hoki Indonesia ke depan. Begitu juga dengan kualitas wasit/juri juga harus ditingkatkan sehingga mereka bisa mendapat kepercayaan memimpin di pertandingan tingkat regional, Asia dan internasional," jelas Budi.

Dalam upaya menambah jam terbang atlet, Sekjen PP FHI demisioner, Yasser Arafat Suhaidy mengatakan adanya rencana PP PHI untuk menggelar Liga Hoki Indonesia di tahun 2022.

"Program Liga Hoki Indonesia memang sudah menjadi prioritas yang akan dijalankan tahun 2022. Liga ini sangat penting dalam upaya menambah jam terbang atlet hoki Indonesia," tandasnya.



Simak Video "Underwater Hockey, Olahraga Air yang Mulai Digemari, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)