Pertamina Eco Run: 3.000 Peserta Sudah Tempuh Jarak Total 39 Juta Meter

Erika Dyah - Sport
Senin, 06 Des 2021 11:24 WIB
Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Dalam 7 hari pasca dimulainya Challenges Mulptime Run 10 kilometer, Pertamina mencatat ada 3.000 penggiat olahraga lari (runner) yang berpartisipasi dalam Pertamina Eco Run 2021. Diketahui, para runner telah berlari dan mencapai total jarak akumulasi 39 juta meter dengan rata-rata peserta telah berlari sejauh 13 km.

Sebagaimana diketahui, Pertamina Eco Run merupakan cara Pertamina sebagai BUMN yang menginjak usia 64 tahun untuk mengajak masyarakat tetap sehat dan menjaga imunitas di tengah pandemi. Sekaligus mengkampanyekan peduli lingkungan dan keberlanjutan bumi, serta mengajak seluruh pesertanya untuk peduli terhadap pengurangan emisi dan pentingnya menekan jejak karbon.

VP Corporate Communications Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan sesuai dengan ketentuan, setiap Runner harus melalui tantangan Multiple Run dengan berlari secara individu selama periode 27 November-9 Desember 2021. Ia menambahkan, para peserta harus menggunakan aplikasi Pertamina Eco Run agar jarak dan waktu berlari peserta tercatat secara virtual yang nantinya akan diakumulasikan secara otomatis dan dapat dilihat pada leaderboard di aplikasi.

"Tahun ini Pertamina Eco Run mengangkat tema 'Run for The Earth' karena dengan mengikuti ajang ini, peserta memberikan dukungan untuk program CSR Pertamina yang fokus dalam mengurangi emisi, mengurangi jejak karbon, dan menjaga keberlanjutan bumi," papar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Senin (6/11/2021).

Lebih lanjut, Fajriyah menerangkan selama Periode Multiple Run, Runner juga dapat mengikuti berbagai aktivitas digital. Mulai dari kompetisi foto pose berlari yang paling menarik hingga kompetisi permainan filter Instagram dengan hadiah jutaan rupiah.

Adapun kompetisi foto mengharuskan peserta untuk mengunggah foto terbaiknya saat berlari di aplikasi media sosial Instagram. Menurut Fajriyah, syarat dari kompetisi ini cukup dengan mem-follow akun @pertamina, lalu mention akun tersebut dan menyertakan tagar #PertaminaEcoRun2021Photo, #PertaminaEcoRun, #RunForTheEarth, #Runnergizer, dan #EnergizingYou.

Sedangkan untuk kompetisi permainan filter yang dapat diunduh di aplikasi Instagram, peserta diharuskan mencapai skor tertinggi dan bersaing dengan peserta lainnya dalam permainan yang membutuhkan konsentrasi. Setelah mendapatkan skor, peserta diharuskan untuk mengunggah video hasil skor tersebut di aplikasi media sosial Instagram dengan menyertakan tagar yang sama dengan kompetisi foto.

Fajriyah pun mengungkap, setelah peserta menuntaskan tantangan lari 10K dalam Multiple Run Challenges secara individu, mereka akan berlari 5K Real-Time Run pada waktu yang sama. Meski begitu, challenge ini akan diadakan di tempat masing-masing, yakni pada Minggu, 12 Desember 2021 mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

Ia menambahkan karena konsep challenge lari ini bersifat virtual, siapa saja bisa bergabung dalam kegiatan ini dan berlari di tempatnya masing-masing. Ia pun menyebutkan beberapa keuntungan yang diperoleh peserta dalam kegiatan ini, yaitu biaya pendaftaran gratis, mendapatkan jersey, masker, dan medali jika berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian aktivitas dari Eco Run.

"Untuk mendapatkan benefit tambahan, peserta dapat mengikuti Kompetisi Foto, Games berhadiah, Kompetisi Rute Unik pada Multiple Run dan Live Streaming YouTube, dan menikmati Hiburan dan Doorprize pada event Real Time Run," pungkasnya.

Lihat juga Video: Lari Sambil Nikmati Keindahan Candi Kuno di Yogyakarta

[Gambas:Video 20detik]




(akn/ega)