Sean Gelael Ikut Danau Toba Rally, Ayahnya Juga Turun Gunung

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 08 Des 2021 09:40 WIB
Sean Gelael-Ricardo Gelael ikut Danau Toba Rally 2021
Pereli senior Ricardo Gelael turun di Danau Toba Rally 2021 (Resha Pratama/detikSport)
Jakarta -

Sean Gelael kembali turun di ajang reli, kali ini akan mengikuti Danau Toba Rally 2021. Spesialnya, Sean akan bersaing dengan sang ayah Ricardo Gelael.

Setelah selesai mengikuti World Endurance Championship (WEC) 2021 bersama JOTA Sport, Sean memang sudah kembali di Indonesia dan menghabiskan waktu bareng keluarga serta kerabatnya.

Tak lupa, Sean juga tetap memanaskan "mesin" dengan mengikuti sprint rally di Meikarta akhir November lalu, yang sayangnya berakhir dengan crash. Dua pekan setelahnya, Sean mengikuti ajang reli yang lebih menantang.

Kali ini pebalap 25 tahun itu akan tampil pada Kejurnas Danau Toba Rally 2021 yang dihelat di sekitar wilayah Danau Toba, Sumatera Utara, 11-12 Desember. Sean bersama Tim Jagonya Ayam akan menggunakan mobil Citroen C3 R5 yang digunakanya di ajang yang sama dua tahun lalu.

Danau Toba Rally memang sempat vakum tahun lalu karena pandemi virus corona. Demi meramaikan lagi motorsport Indonesia, Sean pun mengajak serta ayahnya yang merupakan mantan pereli top Indonesia Ricardo Gelael.

Ricardo akan turun bertanding dengan 54 pebalap lainnya. Ditemani navigator Anthony Sarwono, Ricardo seperti bernostalgia dengan ajang reli gravel yang sudah ditinggalinya sejak 12 tahun lalu.

Sean Gelael-Ricardo Gelael ikut Danau Toba Rally 2021Sean Gelael-Ricardo Gelael ikut Danau Toba Rally 2021 Foto: Resha Pratama/detikSport

Saat itu Ricardo tampil pada ajang Rally Borneo di Kalimantan. Ricardo juga pernah merasakan trek di Toba yang sempat dipakai kejuaraan dunia reli (WRC) pada 1996-1997 itu.

"Saya kangen reli, jadi mau turun lagi. Ingin tahu beda reli zaman sekarang dan dulu. Suspensi, break-nya pasti beda. Terakhir reli 12 tahun lalu, semoga masih ingat (cara mengemudinya). Target sih 15 besar lah, semoga bisa," ujar Ricardo dalam perbincangan dengan detikSport dan sejumlah media di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (7/12/2021) sore WIB.

"Akan sangat menyenangkan bisa turun lagi. Saya hanya ingin sedikit bernostalgia," sambungnya.

Tidak ada persiapan khusus dari Ricardo untuk tampil di Danau Toba Rally ini. Dia hanya berlatih kebugaran serta mempelajari mobil Citrone yang akan dipakainya.

Sean Gelael-Ricardo Gelael ikut Danau Toba Rally 2021Sean Gelael-Ricardo Gelael ikut Danau Toba Rally 2021 Foto: Resha Pratama/detikSport

"Mobil yang dulu saya pakai tentu tidak sama dengan yang sekarang, Jadi, saya mesti belajar dikit lagi."

Sementara Sean yang baru saja meraih gelar runner-up LMP2 di WEC 2021 akan ditemani navigator Portugal Hugo Ismael. Sean berharap hadirnya dia dan sang ayah bisa menambah semarak Danau Toba Rally.

Lebih dari itu, Sean ingin agar dunia balap Indonesia kembali meriah sehingga memotivasi pebalap nasional untuk berbicara di pentas internasional. Selain itu, tentunya bisa mengundang event reli kelas dunia hadir lagi di Tanah Air.

"Saya ingin meramaikan reli nasional. Insya Allah dengan adanya event Reli Medan ini, ke depannya bakal banyak reli di Indonesia.. Membawa reli nasional naik level, agar pereli internasional lebih banyak lagi yang tampil di Indonesia," timpal Sean Gelael.

Sean awalnya ingin berduet dengan sahabatnya Antonio Giovinazzi di reli Medan ini, tapi pebalap Italia itu masih harus tampil di F1 GP Abu Dhabi bareng Alfa Romeo.

Lihat juga Video: Ternyata Segini Kecepatan Mobil Sean Gelael-Bamsoet saat Kecelakaan

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/raw)