ADVERTISEMENT

Diwarnai Insiden, Sean Gelael Juara Reli Nasional 2021

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 13 Des 2021 05:30 WIB
Sean Gelael juara Reli Nasional 2021
Sean Gelael juara Reli Nasional 2021 (dok.Tim Jagonya Ayam)
Simalungun -

Sean Gelael memang gagal memenangi putaran kedua Danau Toba Rally 2021 karena terjadi insiden. Tapi, hal itu tidak menghalangi Sean untuk menjuarai reli nasional tahun ini.

Setelah menjuarai putaran pertama kemarin, Sean kembali turun di putaran kedua, Minggu (12/12/2012) yang dihelat di Komplek Hutan Toba Pulp Lestari, Aek Nauli dan Gorbus, Simalungun, Sumatera Utara.

Berpasangan dengan Hugo Ismael, Sean kembali tampil dominan karena mampu sudah unggul jauh sedari Special Stage (SS) ke SS berikutnya.

Pesaing Sean di putaran kedua adalah rekan setim di Tim Jagonya Ayam sekaligus pelatihnya Nuno Pinto. Sayangnya, saat sedang unggul, Sean mengalami insiden di SS5.

SS5 berjarak 5 km lagi dari finis,mobil Sean tergelincir sehingga nyusruk dan tidak bisa lanjut. Akibat insiden itu, Sean dan Hugo terkena penalti 2,5 menit.

Alhasil, keunggulan waktu menjadi sia-sia karena Nuno berhasil mengambil alih tempat untuk finis posisi pertama. Sean harus puas di posisi kedua.

Sean butuh waktu lama untuk mengevakuasi mobil Citroen C3 R5 miliknya. Finis posisi ketiga adalah Glenn Nirwan/Adi Indiarto.

Meski gagal sapu bersih, Sean masih bisa tersenyum lebar karena dia berhasil menjuarai Kejurnas Rally 2021. Total poin di dua putaran Danau Toba Rally 2021 membuatnya tidak tergoyahkan.

Status juara nasional itu baru akan dikukuhkan kemudian oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam sebuah acara penganugerahan.

"Saya mohon maaf kepada tim dan semua pendukung saya akibat insiden yang membuat gagal menang di Putaran II. Penyebab insiden adalah rem terkunci dan mobil tergelincir begitu saja. Mobil tidak rusak parah, hanya tidak bisa segera dievakuasi," ujar Sean Gelael dalam rilis kepada detikSport.

Sementara itu, Nuno menyebut Sean memang layak memenangi putaran kedua karena tampil prima sedari SS1. Tapi, memang insiden bisa terjadi kapan saja dan kali ini Sean bernasib kurang beruntung.

"Sean sangat berhak memenangi Reli Danau Toba hari ini, karena dia amat cepat dan saya tidak bisa melawannya bila tidak ada insiden itu. Tapi balapan memang begitu, insiden bisa menimpa siapa pun," kata Nuno.

Hasil Putaran 2 Danau Toba Rally

1. Nuno Pinto/Joao Agusto (Citroen) 51:59,3
2. Sean Gelael/Hugo Ismael (Citroen) 54:59,0
3. Glenn Nirwan/Adi Indiarto (Subaru) 56:09,2
4. Bimo Pradikto/M. Herkusuma (Mitsubishi) 56:43,4
5. Subhan Aksa/Mago Sarwono (Mitsubishi) 57:01,3

(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT