Siasat Softball Menuju SEA Games di Tengah Pandemi

Mercy Raya - Sport
Selasa, 14 Des 2021 18:11 WIB
Softball
Jakarta Softball Tournament 2021 digelar untuk persiapan SEA Games 2021. (Foto: dok.Perbasasi)
Jakarta -

Pengprov Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) DKI Jakarta menggelar Jakarta Softball Tournament 2021. Ajang ini sebagai persiapan atlet menuju SEA Games 2022.

Turnamen ini dihelat di GBK Softball Stadium, Senayan, Jakarta, mulai 14-19 Desember 2021. Ketua Umum Pengprov Perbasasi DKI Jakarta Hamka Hendra Noer mengatakan ajang ini memiliki sejumlah tujuan bagi para atlet.

Selain memberi kesempatan bertanding setelah selama dua tahun terakhir tak ada kompetisi karena pandemi COVID-19. Ajang ini juga sekaligus pembinaan atlet khusus untuk DKI Jakarta.

"Turnamen ini menjadi pembinaan di DKI, baik pembinaan di usia dini maupun pematangan atlet ke PON dan SEA Games," kata Hamka Hendra Noer di GBK Softball Stadium kepada pewarta, Selasa (14/12/2021).

"Atlet yang potensi ke SEA Games kan gudang atletnya dari DKI. Umumnya dari DKI yang dominan baik sofbol maupun bisbol. Selain ada daerah lain seperti Jawa Barat," kata Hamka.

Sebagai informasi, turnamen softball ini dibagi menjadi 12 tim dari sektor putra dan delapan tim putri. Mereka datang dari berbagai provinsi di Tanah Air. Antara lain dari Kalimantan Timur, Jawa Barat, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Banten.

Dalam pelaksanaannya, pertandingan akan dihelat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Pertandingan diawali babak penyisihan.

"Sebenarnya yang daftar banyak tapi kami batasi karena kondisi pandemi COVID-19 dan ada aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dari pemerintah," ujar Hamka Hendra Noer.

Melihat antusias peserta pada ajang ini, Hamka berharap tahun depan ajang lebih banyak turnamen sehingga pembinaan atlet, khususnya di DKI Jakarta dapat berjalan dengan maksimal.

"Sejauh ini, pembinaan di DKI baik pembinaan usia dini maupun untuk pematangan atlet. Harapannya, kami bisa setiap tahun menggelar turnamen ini. Semoga tahun depan pandemi sudah melandai, karena turnamen ini menjadi salah satu dari pembinaan atlet DKI," kata Hamka Hendra.

(mcy/cas)