Cara Jago Catur ala Dua Grandmaster Indonesia

Randy Prasatya - Sport
Selasa, 14 Des 2021 23:31 WIB
BEVERWIJK, NETHERLANDS - JANUARY 27:  A detailed view of the board and pieces including the Queen, King, Knight, Bishop, Rook and Pawn during the 83rd Tata Steel Chess Tournament held in Dorpshuis De Moriaan on January 27, 2021 in Wijk aan Zee, Netherlands (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Dua Grandmaster catur Indonesia, Susanto Megaranto dan Chelsie Monica, berbagi tips jitu untuk para pemula. Berikut ini penjelasan keduanya!

Catur saat ini lebih dari sekadar permainan. Komite Olimpiade Internasional mengakui catur sebagai salah satu cabang olahraga.

Permainan catur saat ini juga bisa diakses melalui online. Salah satunya di platform Mobile Premier League (MPL) dengan nama permainan Speed Chess.

Seperti halnya atlet olahraga pada umumnya, pemain catur juga harus rajin berlatih agar kemampuannya terus terasah dan meningkat. Menurut Chelsie, tidak sekadar sembarang berlatih, karena tentunya cara latihan harus disesuaikan dengan tipe game yang dimainkan.

"Catur online berbeda dengan catur biasa karena faktor teknisnya lebih banyak. Kalau mau jadi Master Speed Chess, ya harus sering bermain game Speed Chess dan bertanding di turnamen yang tersedia setiap harinya di platform MPL. Terutama untuk membiasakan tangan kita supaya tidak kaku ketika memindahkan pion catur di layar ponsel. Karena kalau tangan kita tidak sigap, jadi makan waktu sedangkan durasi game sangat singkat dan kita harus memikirkan langkah selanjutnya dengan cepat," kata Chelsie dalam keterangan pers.

"Mengingat durasi Speed Chess hanya beberapa menit, jangan habiskan banyak waktu di pembukaan catur. Persiapkan pembukaan sebaik mungkin, apalagi kalau kita sudah tahu lawan kita siapa. Jika tidak tahu lawan yang dihadapi, tetap fokus pada pembukaan kita sehingga dapat menentukan pertahanan yang solid dalam menghadapi serangan lawan."

"Catur memang tidak seperti cabang olahraga pada umumnya. Namun untuk memiliki konsentrasi yang baik, kita tetap perlu memelihara kondisi fisik tubuh kita. Saya biasanya menjaga stamina dengan berolahraga ringan seperti renang dan jalan santai. Istirahat yang cukup juga sangat penting supaya kita tetap fokus, tidak mengantuk dan salah langkah saat berkompetisi online," kata Chelsie.

Dua Grandmaster catur Indonesia, Susanto Megaranto dan Chelsie Monica.Dua Grandmaster catur Indonesia, Susanto Megaranto dan Chelsie Monica. Foto: Istimewa

Susanto juga turut memberikan tips dalam permainan ini. Dia menjelaskan rutin bermain catur online juga bisa memberikan kemampuan yang sip saat bermain catur offline.

"Semakin sering bermain game Speed Chess di platform MPL, semakin sering kita melatih berpikir dan berstrategi dengan cepat. Ini artinya bukan kemampuan kita bermain catur online saja yang meningkat, tapi juga ketangkasan kita bertanding catur secara offline," kata Susanto

"Semakin berat lawan kita, semakin banyak kita belajar untuk meningkatkan skill. Nah, salah satu keuntungan terbesar bermain catur secara online adalah kita dapat bertemu lebih banyak lawan, termasuk mereka yang kemampuannya jauh lebih kuat daripada kita. Semakin tinggi level kita, semakin berat lawan yang dihadapi. Kalau bermain catur biasa, tantangan seperti ini sulit kita dapatkan."

"Enaknya, meski bertemu lawan yang jauh lebih berat ketika main catur online, kita tidak terpengaruh secara mental seperti halnya kalau tatap muka. Jadi, kita bisa main seperti biasa saja dan lebih bisa fokus," tegasnya.

Turnamen Speed Chess yang digelar MPL di Piala Presiden eSports (PPE) 2021 berhasil menarik lebih dari 40.000 peserta dari beragam usia, profesi dan daerah asal. Pencapaian ini mengukuhkan status turnamen Speed
Chess MPL sebagai turnamen terbesar di Indonesia dari segi jumlah peserta, selain dari segi jumlah hadiah yang mencapai Rp200 juta.

Akhir pencarian Master Speed Chess MPL di ajang PPE 2021 sudah semakin dekat dengan lolosnya 4 pemain di babak Kualifikasi Semifinal yang digelar di Jakarta pada akhir November. Dua Grandmaster catur Indonesia, Susanto Megaranto dan Chelsie Monica, turut berpartisipasi di babak tersebut sebagai caster.



Simak Video "Catur Unik, Ukuran Besar dengan Bidak Manusia, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)