Genjot Kekuatan Mental, Ini 3 Latihan yang Bisa Dilakukan

Angga Laraspati - Sport
Rabu, 15 Des 2021 19:24 WIB
Olahraga Pagi
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Beberapa orang memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap harinya, dan itu mampu mempengaruhi emosi yang dimiliki. Meskipun seseorang tak dapat mengontrol pikirannya, namun setiap individu punya kemampuan untuk menanggapi pikiran tersebut.

Nah, kemampuan untuk menanggapi pikiran tersebut biasa disebut dengan kekuatan mental. Dilansir dari Oxford Reference, kekuatan mental adalah tekad untuk menyelesaikan segala sesuatu yang berjalan buruk, mengendalikan emosi dan tetap fokus ketika berada di bawah tekanan.

Biasanya, orang-orang yang punya kekuatan mental tangguh punya kemampuan untuk tak terpengaruh dengan tekanan yang ada. Kekuatan mental ini juga kerap dimiliki oleh para atlet, namun tak menutup kemungkinan kekuatan mental juga dimiliki oleh non atlet yang mengalami kesulitan di dalam hidupnya.

Untuk meningkatkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari Inc, beberapa cara tersebut dinilai bisa menggenjot mental seseorang agar lebih kuat lagi dari sebelumnya. Apa sajakah latihan tersebut?

Ganti Pemikiran BLUE

Pemikiran BLUE merupakan akronim dari Blaming Myself. Biasanya orang-orang dengan pemikiran ini selalu menyalahkan diri sendiri, mencari-mencari hal yang buruk, menebak-nebak hal yang membuatnya tidak bahagia dan memiliki pikiran negatif yang berlebihan.

Ketika seseorang mengalami pikiran BLUE, tanggapi dengan pernyataan yang lebih realistis. Misalnya, saat seseorang berpikir akan gagal, cobalah respons dengan berpikir akan melakukan yang terbaik. Bisa juga bila seseorang berpikir akan mengacaukan segalanya, ingatkan diri saat berhasil.

Selalu Bersyukur

Sebuah studi menunjukkan manfaat rasa syukur bisa meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi kemungkinan depresi hingga hubungan yang lebih sehat dan tidur yang lebih baik. Beberapa penelitian juga menemukan orang yang bersyukur hidup lebih lama.

Oleh karena itu, cobalah untuk menulis sebuah jurnal yang berisikan hal-hal yang disyukuri sebelum tidur. Dengan melakukan ini, kemungkinan seseorang mampu menangkal emosi beracun, seperti mengasihani diri sendiri dan iri hati.

Latih Mindfulness

Digitalisasi memang membuat setiap individu tak bisa melepaskan diri dari smartphone. Padahal seseorang membutuhkan waktu untuk tidak terganggu dengan segala hal yang ada di dunia maya atau dunia digital.

Sebuah studi tentang perhatian menunjukkan mindfulness mampu mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan psikologis, dan meningkatkan konsentrasi. Memang mindfulness membutuhkan latihan, jadi sisihkan beberapa menit setiap hari untuk hanya berada di saat ini dan mulai berlatih sepanjang hari.

Klik halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Olahraga Apa Saja Yang Dianjurkan Bagi Penderita Diabetes?

[Gambas:Video 20detik]