ADVERTISEMENT

Drag Race-Road Race Ramaikan Kawasan Bandara Kertajati Tahun Depan

Bima Bagaskara - Sport
Selasa, 21 Des 2021 16:50 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Bandara Kertajati kini sepi karena tidak ada penerbangan komersial. Kondisinya bak mati suri.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Sejumlah event otomotif rencananya bakal digelar di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Hal itu disampaikan langsung Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo.

"Tahun depan bulan Maret akan diadakan turnamen rally championship di Kertajati, ada road race, drag race, drifting dan slalom di lahan sekitar bandara," kata Bamsoet saat menghadiri acara penerbangan perdana Asia Cargo Airlines di Bandara Kertajati, Selasa (21/12/2021).

Bamsoet mengungkapkan rencana digelarnya event otomotif tersebut bertujuan untuk membangkitkan kembali aktivitas di Bandara Kertajati sehingga berdampak positif bagi ekonomi masyarakat.

"Sehingga bisa meramaikan perekonomian di kawasan Bandara Kertajati dan bagi masyarakat Majalengka," ucapnya.

Bambang Soesatyo saat menghadiri acara penerbangan perdana Asia Cargo Airlines di Bandara Kertajati, Selasa (21/12/2021).Bambang Soesatyo saat menghadiri acara penerbangan perdana Asia Cargo Airlines di Bandara Kertajati, Selasa (21/12/2021). Foto: Bima Bagaskara/detikcom

Ia juga menyampaikan, Sirkuit Sentul rencananya juga akan dipoles menjadi sirkuti berstandar internasional. Nantinya sirkuit bersejarah tersebut bakal berganti nama menjadi West Java Sentul International Circuit.

"Sebagai informasi juga Pak Gubernur Jabar sudah memiliki tekad yang kuat meminta pengelola Sentul untuk diubah menjadi West Java Sentul International Circuit. Nanti sirkuit ini akan sama seperti Mandalika sehingga bisa menyelenggarakan MotoGP dan event internasional lain," ujar Bamsoet.

Sementara itu Ketua IMI Jabar Fachrul Sarman menambahkan ada 2 event yang rencananya akan digelar di Bandara Kertajati pada tahun 2022 mendatang.

"Yang sudah mulai konfirmasi adalah MXGP seri kedua setelah Mandalika. Kemarin Gubernur Ridwan Kamil sepakat untuk menyelenggarakan seri kedua di Kertajati," ucap Sarman.

Menurutnya, alasan dipilihnya Kertajati sebagai lokasi event berskala internasional itu adalah karena keberadaan bandara yang memudahkan akomodasi para pebalap dari luar negeri.

"Mengapa di Kertajati, karena akomodasi pebalap dari luar negeri jadi lebih gampang. Kemudian di Maret kita event lagi, tapi skalanya masih lokal," pungkasnya.

Simak juga Video: Ada Motor Listrik Drag Digeber 201 Meter Cuma 7,5 Detik Mejeng Di GIIAS

[Gambas:Video 20detik]



(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT