ADVERTISEMENT

Ini Hasil Yamaha Endurance Festival 2021

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 21 Des 2021 23:32 WIB
Yamaha Endurance Festival 2021
Ini hasil Yamaha Endurance Festival 2021 akhir pekan kemarin (dok.Yamaha Motor Indonesia)
Sentul -

Yamaha Endurance Festival 2021 sukses dihelat akhir pekan kemarin. Diwarnai pensiunnya bos Yamaha Indonesia dari arena balap, berikut hasil perlombaannya.

Sejatinya Yamaha Endurance Festival ini adalah event tahunan Yamaha yang sudah dihelat sejak 2018. Tapi, perhelatan itu terhenti tahun lalu karena pandemi COVID-19.

Balapan ketahanan itu akhirnya digelar kembali tahun ini di sirkuit internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/12/2021). Animo para peserta pun terbilang luar biasa, karena sudah rindu akan kompetisi balapan seperti ini.

Ada total 107 starter di tiga kelas yang dipertandingkan, yakni kategori Community Rider dan Media Nasional 150 cc, Community Rider 250 cc, dan Pro Rider 250 cc. Dari 107 starter itu, ada dua pebalap Jepang yakni Shu Sato dan Minoru Morimoto yang merupakan President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Jumlah starter di tahun ini merupakan jumlah starter tertinggi dibandingkan tahun 2018 dan 2019. Wajar jika persaingan begitu sengit sedari sesi kualifikasi, Sabtu (18/12/2021).

Di kelas Community Rider 155 cc, Sendy Aminallia Putra yang berduet dengan Riyadh Maulana dengan bendera tim YROI muncul sebagai pemenang. Di posisi kedua ada M.Rangga Natadireja/Yusuf Ibrahim (YROI Batik Yuasa) disusul M.Irgi/Gilang Pratama Aditya (Cornering Indonesia) di posisi ketiga.

Sementara itu, Minoru Morimoto memutuskan pensiun dari ajang ini. Pria asal Jepang itu berduet dengan rekan senegaranya Shu Sato di kelas Community Rider 155cc dan finis keempat.

Yamaha Endurance Festival 2021Yamaha Endurance Festival 2021 selesai, Bos Yamaha Indonesia Minoru Morimoto pensiun Foto: dok.Yamaha Motor Indonesia

"Kami baru pertama kali ikut Yamaha Endurance Festival ini. Ajang ini memberikan pengalaman berkendara yang sangat menarik, sekaligus sebagai sebuah tantangan. Alhamdulillah, kami dapat meraih podium juara Community Rider 155cc," ungkap Sendy dan Riyadh dalam rilis kepada detikSport.

Pada kelas Community Rider 250cc, Alvian Hadi Putra/M. Ihsan Haidar dari tim Cornering Indonesia sukses meraih podium pertama. Sementara podium kedua ditempati Jimmy/ M.Rafi Wahyu Wibowo (ROCK) diikuti Arry Wijayanto/A.Ghazi Al Ghifari (ROCK).

Yamaha Endurance Festival 2021Yamaha Endurance Festival 2021 Foto: dok.Yamaha Motor Indonesia

Di kelas Pro Rider 250cc, pebalap Yamalube Seruyan Cargloss IRC TDR Rey Ratukore sukses meraih hattrick kemenangan setelah di tahun 2018 dan 2019. Pada balapan ketahanan selama dua jam ini, Rey berpasangan dengan Aditya Fauzi yang merupakan pendatang baru.

Podium kedua dan ketiga kelas tersebut diambil Anggi Setiawan/Fahnisar Nurjabad (Yamaha BAF Yamalube Pirelli Akai Jaya MBKW2) dan Wahyu Nugroho/M.Murobbil Fitoni (Yamaha Yamalube Pirelli NGK Bahtera Racing).

"Ini menjadi kemenangan ketiga saya di Yamaha Endurance Festival. Tahun 2018-2019 dengan M Faerozi, sekarang dengan Aditya Fauzi sekaligus menjadi mentornya. Untuk tahun depan (2022), Aditya Fauzi yang akan menjadi rider utama atau pertama," tutur Rey dalam jumpa pers yang didampingi Eric Saputra sebagai pemilik tim.

Yamaha Endurance Festival 2021Yamaha Endurance Festival 2021 Foto: dok.Yamaha Motor Indonesia

Simak juga Video: MotoGP Amerika, Bagnaia: Yamaha Akan Cepat, Tapi Marquez yang Tercepat

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT