2 Atlet Pindad International Logistic Akan Berlaga di SEA Games 2022

Sponsored - Sport
Selasa, 18 Jan 2022 12:00 WIB
adv triathlon
Foto: Triathlon Indonesia
Jakarta -

Cabang olahraga (cabor) Triathlon menjadi salah satu nomor yang akan dipertandingkan di ajang SEA Games 2022. Sebanyak 12 atlet dari Tim Nasional (Timnas) Triathlon Indonesia akan berangkat ke Hanoi, Vietnam.

Dari keduabelas atlet yang mewakili Indonesia, dua di antaranya merupakan atlet binaan PT Pindad Internasional Logistic (PT PIL). Dua atlet tersebut adalah Eva Desiana (31) yang merupakan atlet senior dan Zahra Bulan yang masih berusia 18 tahun.

Untuk diketahui, triathlon merupakan cabang olahraga yang menggabungkan olahraga renang, balap sepeda dan lari. Sedangkan duathlon adalah cabang olahraga yang menggabungkan olahraga balap sepeda dan lari.

Persiapan Timnas Triathlon Indonesia

adv triathlonFoto: Triathlon Indonesia

Terkait persiapan, Manajer Timnas Triathlon Indonesia, Dika Chrisna mengatakan sebelum mendekati event SEA Games 2022, timnas Triathlon Indonesia sudah melakukan pembinaan terutama pada usia muda.

"Timnas kita fokus pembinaan usia muda tidak hanya untuk SEA Games tapi juga Asian Games. Dari 12 atlet Triathlon, hanya beberapa pemain senior dan sisanya usia muda," katanya.

Untuk persiapan, timnas Triathlon sudah dimulai sejak seleksi nasional pada Desember 2021 lalu di Surabaya.Kemudian setelah itu, dilanjutkan Training Centre (TC) timnas yang dimulai pada 3 Januari hingga akhir Maret 2022.

"Tim ini baru terbentuk baru sekitar 2 minggu (setelah seleknas) terus tanggal 3 akan TC di Bandung. Selanjutnya lanjut ke Phuket Thailand bulan April kemudian baru Hanoi, Vietnam," terang Dika.

Targetkan 1 Emas dan 3 Medali

Dika menjelaskan pada gelaran SEA Games 2022 nanti, cabor Triathlon Indonesia akan turun di 4 nomor. Dua nomor triathlon putra/putri dan dua nomor duathlon putra/putri.

"Total ada 4 event yang dimainkan. Satu dan dua itu triathlon putra/putri. Kemudian tiga dan empat duathlon putra/putri," ucap Dika.

Untuk target, manajer timnas Triathlon ini mengatakan tim yang terpenting menargetkan hasil yang maksimal dan positif. Hal itu karena berkaca dari event-event olahraga yang ditunda atau bahkan tidak ada selama pandemi.

"Kita sebenarnya target tahun ini 1 emas dan 3 medali jika berkaca dari event olahraga sebelum pandemi," terangnya.

Kombinasi Atlet Berpengalaman dan Muda

adv triathlonFoto: Triathlon Indonesia

Termasuk dua atlet dari PT PIL, total ada 12 atlet triathlon Indonesia yang berasal dari berbagai provinsi seperti Jawa Tengah 2 atlet, Jawa Barat 3, Jawa Timur 5, Sumatera Selatan 1, dan dari Banten 1.

Jika melihat dari komposisi 12 atlet tersebut, Dika optimis dan lebih percaya diri dengan kombinasi atlet senior yang kaya akan pengalaman serta atlet muda yang memiliki semangat tinggi.

"Kalau dilihat dari segi komposisi (atlet) lebih pede. Apalagi ada semangat baru di kepengurusan sekarang jadi lebih optimis. Kita juga ada Jauhari Johan peraih medali emas SEA Games 2019 sebelumnya," ungkapnya.

Dua atlet binaan PT PIL yakni Eva dan Bulan juga merupakan peraih emas di ajang eksibisi PON XX di Papua 2021 perwakilan Jawa Barat.Pada kedua atlet tersebut, Dika juga menaruh harapan besar agar bisa mencapai hasil yang maksimal serta positif di ajang SEA Games 2022 ini.

"Bulan masih usia muda ikut TC saya menaruh harapan besar tapi ini bukan target tapi semoga bisa dijadikan motivasi positif. Untuk Eva insyaallah saya optimis pasti medali. Melihat performa sepanjang latihan mumpuni. Meski senior, motivasi latihannya sangat tinggi dan moralnya lagi bagus," paparnya.

"Harapannya semoga kita bisa kasih surprise medali untuk rakyat Indonesia," imbuh Dika.

Turun di Nomor Duathlon

Atlet PT PIL yang sekaligus peraih medali perunggu di SEA Games ke-30 di Philipina pada 2019, Eva Desiana, akan turun di nomor Duathlon.Untuk saat ini, Eva mengaku persiapan timnas sendiri masih di tahap awal TC pelatihan nasional. Namun, sebelum masuk pelatihan nasional, ia telah melakukan program latihan mandiri.

"Kalau sejauh ini TC baru dimulai 3 januari 2022. Jadi untuk saat ini masih tahap awal, sedang dilakukan tes fisik dan kesehatan. Namun sebelum TC berlangsung saya pribadi menjalani latihan personal dengan program yang diberikan sama coach," jelas Eva kepada detikcom.

Meski pada ajang SEA Games sebelumnya ia berhasil meraih medali, Eva belum merasa puas. Ia mengaku untuk tahun ini akan berusaha mencapai target medali lebih dari tahun 2019.

"Insyaallah kalau target untuk SEA Games nanti pasti memberi yang terbaik. Saya juga akan berusaha membimbing atlet junior yang juga berlaga. Untuk target kontingen Indonesia, kita bisa meraih medali lebih baik dari SEA Games sebelumnya," tuturnya.

Sebagai atlet binaan Pindad, Eva juga berharap bisa tampil lebih maksimal di SEA Games 2022 dan bisa memotivasi atlet muda untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara atau bahkan dunia.

"Untuk atlet muda jangan cepat puas dengan prestasi yang sudah diraih dan pasanglah target setinggi mungkin. Supaya kita bisa jadi yang terbaik tidak hanya di Asia Tenggara tapi juga di dunia," pesan atlet asal Pariaman tersebut.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Pindad International Logistic, Galih Nurbuana juga turut menyampaikan harapan kepada atlet timnas Triathlon Indonesia, termasuk untuk dua atlet dari PT PIL.

"Harapan saya timnas yang berangkat bisa jadi juara. Harapan yang paling baik tapi juga tidak muluk-muluk. Kita kembalikan kepada perjuangan atlet sendiri di mana mereka berdua dan tim lain mengembang tugas dengan membawa nama negara," kata Galih.

"Jadi untuk kami di sini berharap selalu yang terbaik dan membawa pulang kemenangan. Kalau target tertentu tidak harus, tapi semoga bisa membawa emas," katanya lebih lanjut.

Tidak hanya untuk Eva dan Bulan sebagai atlet Pindad, Galih juga berpesan kepada anak-anak muda Indonesia untuk terus bermimpi dan jangan pernah menyerah.

Terlebih Pindad Internasional punya cita-cita memiliki ruang pembinaan besar atlet sejak usia muda. Jadi anak-anak muda bisa dibiasakan sejak dini untuk dididik dan dilatih baik di kejuruan atlet atau untuk lomba-lomba atau event skala nasional.

"Jangan lupa berdoa dan jangan lelah untuk bermimpi. Selain itu, jangan mudah menyerah, jangan patah arang, jatuh bangkit lagi karena suatu saat kita bisa jadi pemenang," tuturnya.

(Tag Site/Triathlon Indonesia)