Aminullah/Iqbal Juara Tennis API Cup 2022 di Jakarta

ADVERTISEMENT

Aminullah/Iqbal Juara Tennis API Cup 2022 di Jakarta

Zefanya Aprilia - Sport
Sabtu, 29 Jan 2022 14:56 WIB
Pemkot Banda Aceh
Foto: Pemkot Banda Aceh
Jakarta -

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mencatatkan prestasi jelang turnamen Zulhas Cup yang akan dimulai 29 Januari 2022. Aminullah turun di turnamen tenis Antar Pemain Indonesia (API) Cup 2022 yang diikuti sejumlah petenis top Tanah Air dan tiga di antaranya merupakan pemain nasional, yakni Faisal Aidil, Agung Bagus dan Iqbal Bilal.

Petenis top Surabaya Noor Iman juga tampil bersama petenis andalan Bandung Julius. Sementara dari Kalimantan Timur ikut juga meramaikan turnamen ini, Reski Asrian. Dan dari Pontianak tampil Sukimin.

Tennis API Cup 2022 digelar di Lapangan Tenis Hotel Century Park, Jakarta. Turnamen ini diikuti para petenis yang juga akan turun di Zulhas Cup, baik petenis yang memperkuat tim Pemkot Banda Aceh maupun yang memperkuat tim lain, seperti Iqbal Bilal.

Aminullah dan Iqbal tergabung di Grup A bersama Budi Juliansyah/Sukimin dan Riski Asrian/Daeng. Sementara di Grup B bercokol Noor Iman/Julius, Dody/Dwi, Lohan/Fahrul dan pasangan ganda Faisal/Agung Bagus.

Pada turnamen ini, Aminullah berpasangan dengan Iqbal Bilal, petenis yang pernah memboyong gelar juara Wali Kota Samarinda Open 2020. API Cup 2022 dibagi dalam dua grup. Hanya juara grup yang lolos langsung ke partai final.

Aminullah/Iqbal Bilal tampil superior di Grup A. Pasangan ini menyapu bersih kemenangan dan tampil sebagai juara grup.

Paling seru terjadi saat laga Aminullah/Iqbal menghadapi Budi Juliansyah/Sukimin. Budi mantan PON Aceh berkolaborasi dengan Sukimin yang merupakan petenis top Pontianak. Performa ganda beda usia ini mampu memberikan perlawanan sengit. Pun begitu mereka harus mengakui keunggulan Aminullah/Iqbal Bilal dengan skor 7-4.

Usai keluar sebagai juara grup A, Ketum BAVETI Aceh ini bersama Iqbal Bilal menghadapi ganda kuat lainnya yang menjuarai Grup B, Faisal Aidil/Agung Bagus. Faisal Aidil merupakan tandem Iqbal Bilal saat menjuarai Wali Kota Samarinda Cup Open tahun 2020 untuk kategori ganda prestasi. Sementara Agung Bagus merupakan runner up Tenis UTR (Universal Tennis Rating) bertitel 'Bulog Cup I 2020' di Makassar.

Laga final menghadirkan tontonan menarik karena kedua pasangan bermain all out untuk tampil sebagai yang terbaik. Laga ini pun menarik perhatian penonton yang hadir ke lapangan tenis Hotel Century, termasuk Ketua KONI Banda Aceh, Hamdani Basyah.

Tampil mendominasi, Aminullah/Iqbal Bilal langsung menekan sejak awal dengan forehand dan backhand keras. Pasangan ini sempat unggul cepat 2-0 tapi Faisal Aidil/Agung Bagus mengejar. Namun Aminullah/Iqbal kembali menjauh hingga menutup partai puncak ini dengan kemenangan 7-4.

Dengan hasil ini, Aminullah/Iqbal Bilal tampil sebagai kampiun turnamen. Faisal Aidil/Agung Bagus runner up. Sementara juara tiga bersama diraih Noor Iman/Julius dan Lohan/Fahrul.

Usai partai final, Aminullah mengatakan turnamen tersebut menjadi ajang pemanasan bagi dirinya dan skuad Tim Pemkot Banda Aceh jelang bertanding di Turnamen Tenis Zulhas Cup 2022.

"Turnamen ini menjadi ajang pemanasan dan persiapan kita menghadapi Zulhas Cup," kata Aminullah.

Ia pun meminta seluruh petenis dapat fokus mempersiapkan diri untuk bertanding di ajang yang memperebutkan piala Wakil Ketua MPR-RI yang juga Ketum PAN Pusat, Zulkifli Hasan.



Simak Video "Petenis Dunia Novak Djokovic Positif Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT