ADVERTISEMENT

Prabowo Subianto Kembali Pimpin Cabor Pencak Silat

Mercy Raya - Sport
Senin, 31 Jan 2022 21:21 WIB
Prabowo Subianto jadi Ketua PB Pencak Silat 2022-2026
Prabowo Subianto kembali jadi Ketum PB IPSI 2022-2026 (dok.PB IPSI)
Jakarta -

Prabowo Subianto terpilih lagi jadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI). Prabowo berjanji takkan mengecewakan.

Prabowo terpilih kembali menjadi Ketum PB.IPSI melanjutkan periode kedua untuk masa bakti 2021-2025. Sebelumnya, Ia mendapatkan amanah pada Musyawarah Nasional (Munas) XV bertema "Indonesia Maju, Pencak Silat menuju Olimpiade" di Hotel Aston Sentul, Bogor, 15-18 Desember 2021.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman melantik kepengurusan baru tersebut di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (31/1/2022).

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Prabowo, di tengah kesibukannya sebagai Menteri Pertahanan, beliau tetap bersedia memimpin Ikatan Pencak Silat Indonesia karena kecintaannya kepada silat," kata Marciano dalam keterangan tertulisnya kepada detikSport.

Sebagai induk organisasi dari cabang pencak silat, KONI Pusat berharap pencak silat akan semakin berprestasi serta membanggakan Indonesia di kancah internasional. Terlebih, cabor beladiri ini merupakan salah satu cabang olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Ia juga berharap di bawah kepemimpinan Prabowo, cabang pencak silat dapat dipertandingkan di Olimpiade, sehingga bisa menjadi lumbung medali emas Indonesia di multievent terbesar sejagat itu.

"Saya berharap dengan kerja keras dan dengan jaringan yang dimiliki Bapak Prabowo sebagai Ketum PB IPSI, sebagai Menteri Pertahanan, dan tokoh masyarakat, pencak silat dapat dipertandingkan pada Olimpiade," sambung eks Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

"Tradisi satu emas, dua emas akan kita tinggalkan, saudara-saudara akan mendapatkan jauh lebih banyak emas."

Hal serupa diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang turut hadir dalam pelantikan tersebut.

"100 tahun Indonesia merdeka, Insya Allah Indonesia mencapai posisi lima besar dunia dan posisi itu agak sulit kita capai tanpa keikutsertaan pencak silat pada Olimpiade," papar Amali.

Prabowo Subianto jadi Ketua PB Pencak Silat 2022-2026Prabowo Subianto jadi Ketua PB Pencak Silat 2022-2026 Foto: dok.PB IPSI

Dalam upaya memperkenalkan pencak silat di tingkat dunia, menteri asal Gorontalo itu juga berharap olahraga itu dapat dipertandingkan di Olimpiade saat Indonesia menjadi tuan rumahnya. Seperti diketahui, Indonesia punya target menggelar Olimpiade 2036.

Sementara itu, Prabowo bersama jajarannya akan bekerja keras dalam mewujudkan berbagai harapan tersebut. Pria yang menjabat Menteri Pertahanan RI itu juga meminta para pengurus yang berada di bawah kepemimpinannya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Saya ingin menegaskan bahwa kita di sini ini, untuk tulus mengabdi untuk Indonesia. Kepercayaan dari seluruh masyarakat silat dan masyarakat Indonesia tidak akan kita kecewakan," tegas Prabowo Subianto.

(mcy/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT