Indonesia Resmi Terbebas Sanksi WADA!

ADVERTISEMENT

Indonesia Resmi Terbebas Sanksi WADA!

Mercy Raya - Sport
Jumat, 04 Feb 2022 15:40 WIB
Jakarta -

Indonesia secara resmi terbebas dari sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA). Bendera Merah-Putih akhirnya berkibar lagi.

Menilik laman resmi World Anti-Doping Agency (WADA), dijelaskan bahwa pencabutan sanksi terhadap Indonesia dilakukan setelah adanya pemungutan suara di level Komite Eksekutif (ExCo).

"Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah menghapus, dengan segera, Organisasi Anti-Doping Nasional (NADO) Indonesia dan Thailand dari daftar Penandatangan yang tidak sesuai dengan Kode (Kode) Anti-Doping Dunia," bunyi pernyataan WADA seperti dikutip detikSport.

Pada 14 September 2021, seperti diketahui, ExCo WADA menegaskan bahwa NADO Indonesia dan Thailand dianggap tidak patuh. Ketidakpatuhan ini mulai berlaku pada 7 Oktober 2021 setelah kedua NADO memilih untuk tidak menentang pernyataan tersebut. Dalam penjelasan WADA, NADO Indonesia (LADI) dianggap tidak patuh karena ketidaksesuaian dalam menerapkan program pengujian yang efektif.

Sementara NADO Thailand, dinilai tidak patuh lantaran kurangnya implementasi penuh dari Kode 2021 dalam sistem hukumnya.

Dalam prosesnya, selama pertemuan ExCo WADA 24 November lalu, ExCo menyetujui persyaratan pemulihan tambahan. Secara khusus, bahwa, di luar penerapan Kode ke dalam undang-undang nasionalnya, NADO harus menyelesaikan dua tindakan korektif kritis yang luar biasa terkait dengan program pengujiannya yang diidentifikasi selama audit kepatuhan WADA pada Desember 2020.

Sejalan dengan Standar Internasional untuk Kepatuhan Kode oleh Penandatangan, NADO Indonesia dan Thailand akhirnya mampu memenuhi kewajiban mereka tersebut.

Dengan begitu, sebut WADA, kedua NADO mendapatkan kembali kepatuhan dan telah dihapus dari daftar negara yang dianggap tidak patuh.

Adapun saat ini dua penandatangan yang ada dalam daftar ketidakpatuhan terhadap WADA yaitu NADO dari Republik Demokratik Rakyat Korea dan Rusia.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT