ADVERTISEMENT

Ada Sirkuit Mandalika, Bamsoet Dorong IMI NTB Cetak Banyak Atlet Balap

Nada Zeitalini - Sport
Senin, 07 Feb 2022 19:45 WIB
Ketum IMI Bamsoet
Foto: IMI
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong IMI Nusa Tenggara Barat (NTB) agar memajukan olahraga otomotif hingga mencetak atlet balap. Tujuannya untuk meneguhkan posisi NTB sebagai tuan rumah berbagai kejuaraan motorsport dunia seperti MotoGP dan MXGP pada tahun 2022.

Pada Musyawarah Provinsi IMI NTB, Bamsoet juga mengapresiasi kepemimpinan Nur Haedin beserta jajaran pengurus IMI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2017-2021. Sekaligus menyambut calon Ketua IMI NTB 2022-2026, dr. Lalu Herman Mahaputra (dr. Jack). Ia berharap Nur Haedin masih tetap terlibat dan berkolaborasi dengan dr. Jack membuat IMI NTB semakin berkibar.

"Sepanjang tahun 2022 saja, NTB sudah dipercaya menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap dunia. Antara lain, Tes Pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022, MotoGP sekaligus Asia Talent Cup pada 18-20 Maret 2022, World Superbike sekaligus Asia Talent Cup pada 11-13 November 2022, serta GT World Challenge Asia pada 21-23 November 2022, seluruhnya diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Selain itu, NTB juga menjadi tuan rumah MXGP pada 26 Juni 2022, rencananya akan digelar di Pulau Sumbawa," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (7/2/2022).

Bamsoet menjelaskan, penyelenggaraan berbagai event internasional tersebut bergengsi dan berdampak positif bagi citra Indonesia di kancah internasional. Selain itu juga memberikan multiplier effect bagi perekonomian rakyat NTB. Karenanya, IMI NTB harus menjadi bagian dalam membangun sinergi positif dengan KONI NTB, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTB, dunia usaha melalui platform tanggung jawab sosial (CSR), serta masyarakat NTB pada umumnya.

"Kesuksesan menyelenggarakan World Superbike 2021 sangat dirasakan manfaatnya bagi Indonesia. Antara lain 1,6 miliar penonton dari berbagai negara dunia menyaksikan kehebatan NTB menyelenggarakan World Superbike, memberikan country branding positif bagi Indonesia. Perekonomian NTB tumbuh hingga 5 persen, hotel dan jasa transportasi full booked, kuliner dan industri kerajinan tangan laku keras. Efek ini akan kita tingkatkan saat menyelenggarakan MotoGP dan berbagai event balap kejuaraan dunia lainnya," jelas Bamsoet.

Ia juga menerangkan, IMI NTB 2017-2021 di bawah kepemimpinan Nur Haedin telah menorehkan prestasi membanggakan dalam berbagai event. Antara lain, membawa atlet balap motor NTB, Aldias Aqsal Ismaya dan Nyoman Rajendra Shanti Pala, meraih medali emas PON XX di Papua pada cabang olahraga Balap Motor Kelas Beregu Standar 150 Cc serta berhasil membawa Sarah Lehani Mitchell menjadi Juara-3 Miss IMI 2021.



Simak Video "5 Calon Lokasi Balap Formula E di Jakarta, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT