ADVERTISEMENT

Direstui IMI Jabar, Kawasan Ini Bidik Kejuaraan Nasional-Internasional

Tim Detikcom - Sport
Senin, 21 Feb 2022 22:31 WIB
Kawasan Wisata Trail Adventure Wawas Argo bidik event motorcross nasional dan internasional
Kawasan Wisata Trail Adventure Wawas Argo ingin gelar event motocross nasional dan internasional (Istimewa)
Bogor -

Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat baru saja meligitimasi kawasan wisata trail. Diharapkan ke depannya, bakal ada event nasional dan internasional di sana.

Kawasan tersebut bernama Wisata Trail Adventure Wawas Argo, Cioray, yang terletak di Desa Leuwikaret, Kecamatan Klapanunggal, Jonggol,Kabupaten Bogor. Kebetulan Wawas Argo kebetulan jadi salah satu tujuan utama pecinta Motorcross Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Nah, demi menghidupkan lagi event nasional di tengah pandemi virus corona, Wawas Argo bekerjasama dengan IMI Jawa Barat dan Federasi Off-road Indonesia (IOF) menggelar event, Sabtu (19/2) kemarin.

Event tersebut bernama Wawas Argo Fun Trail Adventure yang diikuti sekitar 200 rider dengan mempertandingkan kategori Motor Build-Up dan Komunitas. Sebelum ini, event serupa juga dihelat pada Oktober lalu dengan tajuk Ubar Hard Enduro Wawas ArgoMotocros.

Dua event itu dianggap jadi bukti keseriusan Wawas Argo untuk jadi venue kegiatan motocross dan sejenisnya ke depan.

"Dua event ini kami gelar sebagai ajang pemanasan. Kami berharap kedepannya bisa menggelar event berskala nasional untuk motocross adventure," ujar Laksamana Pertama TNI-AL, Agus Karminto selaku PenyelenggaraWawas Argo Fun Trail Adventure 2022 dalam rilis kepada detikSport.

Memiliki lintasan menantang yang didominasi trek menanjak dan turunan curam yang dikelilingi hutan dan juga sungai, kawasan ini dianggap layak dijadikan tempat event motocross adventure dan balapan offroad roda empat.

Bahkan IMI Jawa Barat menyebut Wawas Argo merupakan yang trek offroad terbaik di Pulau Jawa. Agus berharap Wawas Argo bisa diresmikan sebagai kawasan wisata baru di daerah Jonggol.

Ia juga menambahkan, berdasarkan dari pengakuan IMI Jawa Barat, trek ini merupakan yang terbaik di kawasan Jawa Barat maupun Pulau Jawa.

"Selain trek yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, juga memiliki view yang cukup menarik selain sebagai ajang balapan juga sebagai kawasan wisata. Saya berharap agar Kementerian Pariwisata yang dipimpin Pak Sandiaga Uno meresmikannya sebagai kawasan wisata baru di daerah Jonggol," sambungnya,

Salah satu kelebihannya kawasan ini adalah treknya yang menantang, sehingga para pebalap maupun komunitas motocross adventure punya pengalaman bertanding di medan dengan tingkat kesulitan tinggi.

"Tadinya kita mengikuti event ini untuk sekedar fun saja. Namun, karena trek yang cukup menantang, kami tertantang untuk berkompetisi. Trek ini layak untuk menggelar kejuaraan berskala nasional maupun international," kata Iskandar dari Komunitas Motocross Adventure Jabodetabek.

Senada juga dikemukakan oleh Ketua Komunitas Motocross Adventure Jabodetabek, Eko, yang mengatakan bahwa trek ini sudah memenuhi syarat bagi para pecinta motocross adventure.

"Tinggal perbaikan sedikit di sana-sini terutama soal tanda-tanda di lintasan yang harus dipertegas lagi agar para pebalap tidak kehilangan jejak," paparnya.

Terakhir, Edi Jay selaku perwakilan dari IMI Jabar mengungkapkan bahwa trek sudah memenuhi syarat tinggal memperhatikan lagi faktor safety atau keselamatan bagi para kroser.

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT