Bamsoet Lantik Pengurus Tarung Derajat Jawa Barat Periode 2021-2025

ADVERTISEMENT

Bamsoet Lantik Pengurus Tarung Derajat Jawa Barat Periode 2021-2025

Jihaan Khoirunnisa - Sport
Sabtu, 05 Mar 2022 20:15 WIB
Kepengurusan ini berada di bawah kepemimpinan Ketua Yerry Yanuar, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat,
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik pengurus KODRAT Jawa Barat 2021-2025, di Bandung hari ini.

Kepengurusan ini berada di bawah kepemimpinan Ketua Yerry Yanuar, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat, serta didukung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Ketua Dewan Pembina. Selain itu, ada pula 12 Kepala Dinas dan 6 Kepala Biro pemerintahan provinsi Jawa Barat yang masuk dalam kepengurusan.

Sebagaimana SK PB KODRAT Nomor: 005/SK/PB.KODRAT/XI/2021, KODRAT Jawa Barat didorong untuk memaksimalkan potensinya guna berkontribusi dalam kemajuan olahraga seni bela diri Tarung Derajat. Selain itu juga menjaga serta melestarikan Tarung Derajat sebagai warisan budaya dan kearifan lokal. Mengingat Provinsi Jawa Barat merupakan tempat Tarung Derajat dilahirkan oleh Sang Guru Achmad Dradjat (Aa Boxer) sebagai olahraga seni bela diri khas Indonesia.

"Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX Oktober 2021, Jawa Barat meraih Juara Umum dengan mendapatkan 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Untuk Tarung Derajat yang dipertandingkan di Venue Eme Neme Yauware Timika dalam memperebutkan 18 medali emas, 18 medali perak, dan 32 medali perunggu, Jawa Barat mengantongi satu medali emas, tiga perak dan empat perunggu. Prestasi tersebut ke depannya sangat bisa ditingkatkan melalui pembinaan dan pelatihan yang intensif," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (5/3/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan dalam memajukan Tarung Derajat perlu langkah konkret melalui pembinaan, penjaringan atlet berprestasi, regenerasi yang kontinu. Di samping itu juga harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, serta memfasilitasi jam terbang lewat penyelenggaraan berbagai ajang kompetisi.

Dikatakannya keluarga besar KODRAT tengah bersiap untuk menghadapi penyelenggaraan POPNAS XVI Tahun 2023 di Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung. Kemudian dilanjutkan PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"PB KODRAT bersama Pengurus Provinsi KODRAT di berbagai daerah juga akan mendorong agar Tarung Derajat menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang ada di setiap tingkatan pendidikan dari mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, kita juga sedang memperjuangkan agar Tarung Derajat bisa masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Sea Games XXXII yang akan diselenggarakan di Kamboja pada tahun 2023 mendatang," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menilai seiring pandemi COVID-19 yang sudah semakin terkendali, PB KODRAT dan pengurus provinsi KODRAT juga akan menyelenggarakan ekshibisi pertarungan Tarung Derajat di berbagai mal maupun pusat kegiatan publik. Nantinya kegiatan ini turut mengajak sejumlah selebriti Tanah Air, seperti Atta Halilintar, Raffi Ahmad, hingga Irfan Hakim.

"Sehingga Tarung Derajat bisa semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas dari berbagai kalangan. Tidak kalah populer dengan seni bela diri dari berbagai negara, seperti Thailand dengan Muay Thai, Korea dengan Taekwondo, Jepang dengan Aikido, Filipina dengan Kombatan, maupun Brazil dengan Jiu Jitsu. Sekaligus memastikan filosofi Tarung Derajat yang pada hakikatnya mengedepankan prinsip memanusiakan manusia melalui olah tubuh, olah pikiran, dan olah nurani, dapat terus kita jaga dan kita rawat sebagai nilai budaya bangsa yang adiluhung," pungkas Bamsoet.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT