ADVERTISEMENT

Pengurus Muaythai Gelar Pelatnas Mandiri demi Prestasi SEA Games Vietnam

Randy Prasatya - Sport
Kamis, 17 Mar 2022 22:13 WIB
Muaythai
Foto: dok. Pengurus Muaythai
Jakarta -

Cabang olahraga (cabor) Muaythai termasuk dalam daftar yang tidak mendapat biaya pemerintah untuk melakukan persiapan menghadapi SEA Games 2021 Vietnam yang memperebutkan 10 medali emas.

Namun, Pengurus Besar Muaythai Indonesia (PB MI) tetap menjalankan komitmen dengan menggelar pemusatan atlet nasional (pelatnas) dalam menghadapi pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Sebanyak 7 atlet Muaythai terbaik dari hasil Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah menjalankan program pelatnas dalam upaya meningkatkan kualitasi teknik, taktik, strategi dan penguatan mental bertanding di Cirebon, Jawa Barat.

"PB MI tetap menggelar pelatnas Muaythai dengan biaya mandiri. Ini merupakan bagian dari komitmen dan keinginan menjadi bagian dari Kontingen Indonesia yang tampil di VIetnam nanti. Dan, PB MI juga berharap Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) mau menyetujuinya dan pemerintah pun memberikan dukungannya," kata Sekjen PB MI, Julizar Idris yang menyambangi pelatnas Muaythai saat dihubungi Kamis (17/3/2022).

Selain menjalankan komitmen, kata Julizar Idris yang akrab dipanggil Bang Joel ini, keinginan memperkuat Kontingen Garuda karena perkembangan prestasi olahraga Muaythai di Indonesia cukup bagus.

Pada penampilan perdana di SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia 2017, Tim Muaythai Indonesia memang tidak menghasilkan medali. Namun, di SEA Games 2019 Filipina, sebanyak 7 medali perunggu berhasil diraih dari 9 atlet yang diturunkan.

"Atlet Muaythai Indonesia itu punya potensi jika dilihat dari dua penampilan di SEA Games terdahulu. Makanya, kami berupaya meningkatkan prestasi atlet sehingga bisa meraih perolehan medali yang lebih baik di Vietnam nanti. Yang pasti, Thailand dan tuan rumah Vietnam menjadi saingan terberas," jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bang Joel juga memotivasi seluruh atlet untuk bisa memberikan yang terbaik.

"Terus fokus dalam menjalankan program latihan. Tingkatkan disiplin dan manfaatkan waktu yang ada untuk meningkatkan prestasi sehingga bisa memberikan penampilan terbaik," imbuhnya.

Ke-7 atlet yang akan memperkuat Timnas Muaythai Indonesia:

Fighting Putra:
1. Mitra Edisyah Putra Waruwu (Lampung) kelas 54kg putra
2. Tovan Novian (Jawa Barat) kelas 58 kg putra
3. Muhammad Uchida (DKI Jakarta) kelas 80kg putra

Fighting Putri :
1. Mia Amelia (Banten) kelas 51kg
2. Anissa Nur Rahmaniyah (Jawa Timur) kels 57kg

Waikru Putri:
1. Nadya Indah R (Sulawesi Selatan) 51kg
2. Novita Anggi Ayuni (Bengkulu) 55kg



Simak Video "Ini Besaran Bonus yang Didapat Atlet Peraih Medali SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT