Sekjen KOI Ditunjuk Sebagai CdM SEA Games Vietnam

Mercy Raya - Sport
Rabu, 30 Mar 2022 17:55 WIB
Sekjen KOI, Ferry Kono
Sekjen KOI Ditunjuk Sebagai CdM SEA Games Vietnam (dok KOI)
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry Kono ditunjuk sebagai Chef de Mission Indonesia di SEA Games 2021 di Vietnam.

Penunjukkannya diumumkan Menpora Zainudin Amali di sela-sela pengumuman kontingen Indonesia menuju multievent negara-negara Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

Dalam sambutannya, Amali mengatakan penunjukkan CdM kali ini cukup berbeda dari kebiasaan jelang multiajang olahraga sebelumnya. Antara lain, menyesuaikan dengan Undang-Undang nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan Nasional.

"Merujuk UU tersebut, KOI dan KONI akan bertanggung jawab bersama-sama di SEA Games 2021 nanti. Ini adalah perubahan-perubahan yang dilakukan berdasarkan UU tersebut," kata Amali di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Sekjen KOI, Ferry Kono (dok KOI)

Dengan demikian, Ferry sebagai CdM akan dibantu Tubagus Ade Lukman sebagai wakil CdM, serta Teuku Arlan Perkasa Lukman (Deputi 1) dan Zaenal Asikin Mochtar (Deputi II).

"Kehormatan bagi saya mendapat kepercayaan untuk menjadi CdM SEA Games Vietnam," kata Ferry.

"Tantangan ini tidak mudah tetapi dengan sinergi semua pihak, saya bersama tim CdM akan berusaha optimal agar atlet-atlet kita dapat berangkat dan bertanding dengan nyaman sehingga Indonesia dapat memberikan prestasi."

Sebagai informasi, Ferry merupakan sosok berpengalaman di bidang olahraga. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Bendahara Umum CdM Olimpiade di Rio de Janeiro 2016, juga CdM Special Olympic Games (SOINA) 2019 Abu Dhabi, serta penanggung jawab CdM SEA Games 2019 di Manila, dan Olimpiade Tokyo 2020.

Sedangkan Ade Lukman, pernah menjadi bagian dari tim CdM Olimpiade 2012 London, Asian Indoor & Martial Art 2013 Incheon, Asian Games 2014, serta Wakil CdM SEA Games 2015 di Singapura.

Kontingen Indonesia di Vietnam nanti akan terdiri dari 476 atlet dari 31 cabang olahraga. Ajang yang mempertandingkan 40 cabang olahraga itu akan berlangsung di Hanoi dan 11 kota lainnya mulai 12-23 Mei mendatang.

(mcy/aff)