Atlet Pencak Silat Ini Pede Kembali Dulang Emas di SEA Games

Mercy Raya - Sport
Rabu, 06 Apr 2022 01:00 WIB
Atlet pencak silat putri Indonesia Puspa Arumsari
Puspa Arumsari percaya diri kembali raih emas di SEA Games (Foto: detik.com/Mercy Raya)
Jakarta -

Atlet pencak silat putri Puspa Arumsari percaya diri mampu mendulang emas di SEA Games 2021. Saat ini, fokusnya meningkatkan kualitas diri.

Puspa merupakan satu dari 21 atlet yang dipersiapkan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) untuk tampil di multievent yang dimulai 12-23 Mei mendatang tersebut.

Ia kini menjadi andalan Indonesia dalam meraih medali emas dari empat keping yang dipatok PB IPSI dan pemerintah. Sebelumnya, ia meraih medali emas di SEA Games Manila tiga tahun lalu di kelas seni nomor tunggal putri.

Ia mengalahkan atlet Filipina Mary Francine Padios yang meraih perak, dan Anisah Najihah Abdullah dari Brunei Darussalam yang merebut medali perunggu.

Hasil pun jadi modal Puspa untuk tampil lebih percaya diri di multievent ke-3 dirinya. Sebelumnya, ia juga pernah tampil di SEA Games Malaysia 2017 dan meraih medali perunggu.

"Untuk saat ini sebenarnya persiapannya sama seperti pertandingan sebelumnya. Latihan terus ditingkatkan dengan kualitasnya," kata Puspa di Padepokan Pencak Silat, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

"Cuma sekarang ini target saya meningkatkan kualitas diri daripada ... karena kalau target emas pasti. Tapi karena ini sudah menjadi SEA Games ketiga saya, jadi lebih ke peningkatan kualitas diri," imbuhnya.

Menatap SEA Games kali ini, Puspa mengakui banyak pesilat-pesilat baru muncul dari negara pesaing dan cukup potensial. Namun, ia tak ingin terpengaruh.

"Kalau saya balik lagi karena saya main perform (kelas seni) jadi bertanding dengan diri sendiri. Saya menunjukkan penampilan terbaik di SEA Games nanti. Jadi secara teknik insya Allah saya masih percaya diri karena saya cukup lama di Pelatnas," dia menjelaskan.

Secara pribadi, Puspa juga tak mengalami perubahan signifikan meskipun latihan digelar di masa Ramadan. "Kalau kata pelatih saya, manusia itu sudah dikasih badan sempurna sama Tuhan, jadi badan akan menyesuaikan bagaimana nanti di lapangan saat latihan. Karena tak ada bedanya dari latihan saat tak puasa dengan Ramadan. Latihan tetap sama pagi sore dan tetap digeber walaupun dalam keadaan puasa," ujar Puspa.



Simak Video "Perolehan Medali SEA Games 2021, Indonesia di Posisi 4 Geser Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/rin)