ADVERTISEMENT

Dua Olympian Indonesia Kembali Gelar Oceanman di Bali

Randy Prasatya - Sport
Selasa, 26 Apr 2022 05:30 WIB
Oceanman
Foto: dok. Oceanman
Jakarta -

Pemulihan pariwisata nasional pascapandemi covid-19 merupakan hal yang harus dilakukan. Tujuannya agar roda perekonomian kembali bangkit dari keterpurukan, utamanya yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Itulah hal yang mendasari dua Olympian Albert C Sutanto dan Felix C Sutanto untuk kembali menggelar kompetisi renang perairan terbuka Oceanman di Bali, 1-2 Juli 2022. Menurut Founder and Head of Coach Milleniumaquatic Felix C Sutanto, ada hal lain yang juga menjadi target yaitu mengenalkan sport tourism Indonesia di kancah dunia.

"Terlebih Oceanman tidak hanya ajang kompetisi renang saja, karena wisatawan yang datang dapat merasakan beberapa acara hiburan lokal menarik yang tergabung dalam kategori race pack collection beberapa di antaranya traditional dance perfomance, live music, produk bazar UMKM lokal, food and beverage, fun games, dan masih banyak hal seru lainnya," ujar Felix dalam siaran persnya di Jakarta, Senin 25 April 2022.

Felix mengungkapkan walaupun saat ini Indonesia masih dibayang-bayangi pandemi, Milenium Aquatic sebagai pemegang lisensi Oceanman Indonesia tetap menyelenggarakan kegiatan internasional tersebut untuk kali kedua dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Millennium Aquatic juga melihat perkembangan olahraga renang perairan terbuka di Indonesia masih tertinggal padahal Indonesia memiliki banyak pantai yang sangat indah.

Perhelatan kompetisi Internasional Oceanman yang sudah digelar di dunia sejak 2015, untuk kali pertama diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2021 dan digelar di Sanur, Bali. Untuk tahun ini, pantai Jimbaran, Bali akan menjadi lokasi kompetisi renang internasional terbesar yang berlangsung di perairan terbuka tersebut.

Dalam ajang kompetisi renang internasional ini, Oceanman mempertandingkan empat kategori yaitu Oceankid dengan jarak 1 km, Sprint Oceanman 2 km, Half Oceanman 5 km, dan Oceanman dengan jarak 10 km. Rute ajang ini membentuk sebuah segitiga dengan jarak sisi terpendek 333,3 m, sisi menengah 666,6 m, dan sisi terluas untuk kategori Oceanman masing-masing sisi berjarak 1,66 km.

"Kompetisi akan berlangsung selama dua hari. Jadi nanti hari pertama diisi dengan kegiatan kegiatan hiburan yaitu race pack collection, race expo opening, swim course open for training, welcome dinner, race briefing, dan entertainment," ungkap Felix lagi.

Sedangkan hari kedua diisi dengan acara inti kompetisi yaitu race area open/drop bag, flag off oceanman 10k, flag off half oceanman 5k, flag off oceanman 2k, flag off oceankid 1k, dan terakhir ditutup dengan upcara serta pembagian tropi.

Hingga hari ini, Senin 25 April, jumlah total peserta yang sudah mendaftar adalah 181 atlet dari dalam negeri dan 30 atlet luar negeri yaitu dari Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Rusia, Ukraina dan Vietnam. Jumlah pendaftar tersebut sudah melampaui banyaknya jumlah peserta tahun lalu yang hanya 167 peserta lokal dan asing.

Indonesia sendiri untuk tahun ini akan diikuti oleh perenang-perenang nasionalnya seperti Siman Sudartawa dan Glenn Victor.

"Kami berharap dengan kompetisi ini, bisa memacu para atlet Indonesia untuk bisa berprestasi dan bersaing di tingkat dunia," tegas Albert C Sutanto, founder Oceanman, yang juga menjadi pelatih nasional renang ini.



Simak Video "Peselancar RI Raih Perak di ISASURF 2022 di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT