ONE Championship Lepas Stefer Rahardian

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 26 Apr 2022 06:30 WIB
Stefer Rahardian
Stefer Rahardian didepak dari ONE Championship (dok.ONE Championship)
Singapura -

Berkurang satu wakil Indonesia di ajang ONE Championship. Ini setelah Stefer Rahardian diputus kontrak oleh ajang tarung bebas tersebut.

Stefer sejatinya adalah salah satu petarung andalan Indonesia di ajang itu. Dia punya catatan delapan kemenangan di ajang tersebut, termasuk total 10 di ajang bela diri campuran profesional.

Dia sempat lama berada di Divisi Flyweight, sebelum diturunkan ke Divisi Strawweight, Dua divisi itu memang menawarkan persaingan yang begitu ketat di antara atletnya.

Awal karier Stefer di ONE Championship terbilang oke karena bisa menorehkan tujuh kemenangan beruntun. Tapi petarung berjuluk The Lion itu menurun performanya karena empat kekalahan beruntun.

Dua di antaranya diderita dari dua bersaudara Filipina, Rene dan Robin Catalan. Stefer pada laga terakhirnya di ONE Championship 2019 menang putusan juru atas kompatriotnya Adrian Mattheis.

Sayangnya, setelah itu Stefer tidak berkesempatan untuk baik naik panggung lagi hingga akhirnya dilepas per April 2022 ini. Pandemi COVID-19 jadi alasan mengapa Stefer kesulitan tampil.

Selain Stefer, ada juga lima petarung lain yang dilepas oleh ONE Championship. Salah satunya Anthony Do yang juga berkiprah di divisi strawweight. Ia merupakan alumnus dari ONE Warrior Series - ajang pencarian bakat ONE Championship. Pemilik rekor 8-4 ini terakhir berlaga pada Mei 2021.

Sementara itu, Buist merupakan atlet MMA asal Belanda yang memiliki rekor 17-6. Ia berlaga di divisi lightweight yang juga berisikan para petarung tangguh. Pada awal kiprahnya di ONE, Buist mencatatkan tiga kemenangan beruntun, termasuk atas mantan Juara Dunia Eduard Folayang.

Tak lama berselang, kiprahnya mulai menurun. Atlet berjuluk "The Archangel" ini menderita kekalahan beruntun atas Timofey Nastyukhin dan Ruslan Emilbek Uulu masing-masing pada November 2020 dan November 2021.

Lalu ada juga Simoes, Thomas Narmo, dan terakhir atlet Muay Thai Daniela Lopez.

(mrp/ran)