ADVERTISEMENT

Menpora Amali Keliling Pelatnas SEA Games 2021, Apa Hasilnya?

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 27 Apr 2022 22:32 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali keliling pelatnas SEA Games 2021 (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berkeliling pelatnas SEA Games 2021 awal pekan ini. Dia menyemangati para cabor untuk meraih prestasi di sana.

Indonesia akan tampil di SEA Games yang dihelat 12-24 Mei di Hanoi, Vietnam. Dari hasil Tim Review PPON Kemenpora, didapatkanlah 476 atlet yang tersebar di 31 cabor. Ini merupakan penuruan dari Filipina di mana mereka menurunkan 841 atlet dari 52 cabor.

Ada penurunan sekitar 43,4 persen dan kali ini pun jumlah atlet junior lebih banyak, sekitar 60 persen berbanding 40 persen dengan atlet senior. Target minimal adalah 15 emas.

Alasan Indonesia memangkas jumlah atlet dan cabor karena SEA Games kali ini cuma jadi sasaran antara untuk Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dan Asian Games 2022.

Meski demikian, persiapan yang dilakukan pun tidak main-main karena tim PPON sudah menggenjotnya dalam dua bulan terakhir, yang diawali seleksi dan kini memasuki pelatnas.

Nah, sebagai bentuk dukungan untuk para atlet yang tengah bersiap menuju SEA Games, Amali melakukan safari ke beberapa pelatnas cabor mulai Senin (25/4) hingga Selasa (26/4) kemarin.

Pada hari pertama, Amali datang ke pelatnas Wushu, Karate dan Renang. Dalam setiap kunjungan tersebut, Amali selalu menegaskan bahwa cabor yang diberangkatkan adalah hasil seleksi Tim Review yang terdiri dari akademisi, NOC, dan KONI berdasarkan data.

Di hari kedua, Amali mendatangi pelatnas Angkat Besi, Senam, dan Basket. Para cabor tersebut memberikan sambutan hangat kepada Amali karena dianggap bisa memberikan semangat baru kepada atlet.

Apalagi program yang dicanangkan Amali bersama Tim PPON Kemenpora membuat paradigma baru, bahwa atlet Indonesia harus menjadikan Olimpiade sebagai target utama dan bukan lagi SEA Games atau event sekelasnya.

Untuk itulah Amali selalu menyemangati atlet-atlet terutama di level junior agar bisa bersaing di kancah internasional.

"Kepada semua atlet yang terpilih untuk berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam merupakan pilihan terbaik dari tim review yang berdasarkan data dan prestasi terakhir kalian, jadi kalian patut berbangga bisa terpilih menjadi yang terbaik. Saat ini kita memang sedang melakukan perubahan paradigma baru olahraga Indonesia untuk menuju prestasi Olimpiade," kata Menpora Zainudin Amali dalam rilis kepada detikSport.



Simak Video "PBESI Beri Bonus Atlet eSports Peraih Medali SEA Games 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT