Indonesia Sudah Raih 3 Emas Jelang Pembukaan SEA Games 2021

Mercy Raya - Sport
Rabu, 11 Mei 2022 14:55 WIB
Indonesia sudah mengumpulkan tiga medali emas, empat perak, dan satu medali perunggu SEA Games sampai hari Rabu 11 Mei 2022.
Indonesia Sudah Raih 3 Emas Jelang Pembukaan SEA Games 2021. Foto: Dok. NOC Indonesia
Jakarta -

Indonesia telah meraih tiga medali emas SEA Games 2021 sampai dengan hari Rabu (11/5/2022). Ialah cabang olahraga rowing dan pencak silat yang sudah bertanding sehari jelang pembukaan multievent tersebut.

Rowing menjadi cabor pertama yang sumbang medali emas di nomor men's lightweight double sculls (Kakan Kusmana/Ardi Isadi). Mereka menempati peringkat pertama setelah membukukan catatan waktu 7 menit 1 detik. Pasangan Indonesia ini mengalahkan Filipina dan Vietnam yang merebut medali perak dan perunggu.

Rowing kemudian kembali mempersembahkan emas kedua lewat Sulpianto/Memo yang berlomba di nomor men's double sculls. Pasangan ini menyentuh garis finis pertama dengan catatan waktu 7 menit 22 detik.

Sulpianto/Memo mengalahkan Thailand dan Vietnam dan Kamboja yang meraih medali perak dan perunggu bersama. Thailand membukukan waktu 7 menit 26 detik, sedangkan wakil Vietnam dan Kamboja sama-sama mencatatkan waktu 8 menit 16 detik.

"Alhamdulilah kemenangan ini sangat surprise buat kami," kata Kakan dalam keterangan tertulisnya melalui tim CdM Indonesia.

"Sebenarnya nomor pertama putri (quadruple sculls) hampir dapat emas, tapi mungkin rezekinya masih di perak. Kami di situ ingin tampil maksimal saja, dan Alhamdullilah bisa memberikan yang terbaik," dia menambahkan.

"Terima kasih atas doa dan dukungan untuk dayung Indonesia, khususnya kepada masyarakat Indonesia, NOC Indonesia, Kemenpora, PODSI sebagai induk organisasi dayung," ucap Kakan.

Hal serupa diungkapkan Sulpianto dan Memo, yang mengaku senang karena bisa memberi tambahan medali emas bagi Merah Putih di SEA Games 2021.

"Senang sekali karena kami bisa mendapatkan medali emas tambahan untuk Indonesia," kata Memo.

"Tadi saat pertandingan sih kuncinya tetap semangat aja. Kami gak mau mikirin apa-apa. Pokoknya berikan kemampuan terbaik saja," Sulpianto menimpali.

Indonesia sudah mengumpulkan tiga medali emas, empat perak, dan satu medali perunggu SEA Games sampai hari Rabu 11 Mei 2022.Indonesia sudah mengumpulkan tiga medali emas, empat perak, dan satu medali perunggu SEA Games sampai hari Rabu 11 Mei 2022. Foto: Dok. NOC Indonesia

Selain cabang rowing, Indonesia juga merebut medali emas dari cabang pencak silat nomor women's seni nomor ganda.

Ririn Rinasih dan Riska Hermawan mengalahkan wakil Vietnam Thi Thu Ha Nguyen/Thi Huyen Nguyen dengan skor 9.955. Selisih poin mereka terpaut 30 angka dari Vietnam yang hanya mendapat 9.925 poin.

Indonesia juga merebut empat medali perak dari cabang rowing dan pencak silat. Maka dengan demikian Indonesia sudah mengumpulkan tiga medali emas, empat perak, satu medali perunggu sementara ini.

Indonesia sudah mengumpulkan tiga medali emas, empat perak, dan satu medali perunggu SEA Games sampai hari Rabu 11 Mei 2022.Indonesia sudah punya delapan medali SEA Games 2021 menjelang pembukaan. Foto: Dok. NOC Indonesia

Berikut daftar peraih medali Indonesia di SEA Games 2021 sejauh ini, Rabu 11 Mei 2022 siang WIB:

Emas

  • Kakan Rusman & Ardi Isadi (Rowing-Men's Lightweight Double Sculls)
  • Sulpianto dan Memo (Rowing-Men's Double Sculls)
  • Riska Hermawan & Ririn Rinasih (Pencak Silat-Women's Double)

Perak

  • Putri Agni Anugerah/Maslin Efrilia/Annisa Meilani Yahya/Dewi Purwanti (Rowing-Women's Quadruple Sculls)
  • Syiva Lisdiana/Aisah Nabila/Julianti/Chelsea Corputty (Rowing-Women's Four)
  • Putri Arum Sari (Pencak Silat-Women's Single)
  • Anggi Faisal Mubarok/Asep Yuldan Sani/Nunu Nugraha (Pencak Silat-Men's Team)

Perunggu

  • Nadya Nakhoir (Kickboxing-Women's Full Contact -48 kg

Simak juga 'Klasemen SEA Games 2021, Malaysia di Puncak-Indonesia ke-6':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)